Fikri Wirahman
Novice Level 1
17 Oktober 2017 - 16:37

Tips Menggunakan Kamera Smartphone Untuk Fotografi

Tips menggunakan kamera smartphone ini cukup membuat saya dapat menangkap hasil foto berkualitas. Banyak sekali toko kamera yang menawarkan kamera super dengan harga yang luarbiasa mahal. Banyak masyarakat terkena candu akan kamera smartphone untuk memotret apa saja, sebut saja selfie. Tidak heran jika smartphone kelas atas memiliki kualitas kamera yang hampir bisa dibandingkan dengan mirrorless ataupun dslr.

Dilansir dari KLIKNKLIK.COM, pada dasarnya, dalam fotografi bisa saja bukan dari kualitas kamera smartphone yang dimiliki. Sebut saja kamera iPhone yang sangat hebat kualitas hasil gambarnya setelah proses memotret. Maka dari itu, ada beberapa tips menggunakan kamera smartphone untuk kalian dan mungkin yang masih awam dalam fotografi. Tips ini memungkinkan kalian mendapatkan kualitas gambar yang baik dari kamera smartphone.

Tips Menggunakan Kamera Smartphone

  1. Mengenal Lebih Baik Fitur Kamera

Seperti yang saya katakan, banyak sekali smartphone yang memiliki kamera berkualitas, namun tidak semua smartphone memiliki fitur dan pengaturan yang sama. Maka dari itu, pelajari lebih lanjut fitur dan pengaturan kamera smartphone yang kalian miliki. Missal jika smartphone kalian memiliki resolusi 5mp, sudah cukup untuk menghasilkan foto yang berkualitas. Dalam pengaturan smartphone pun kalian bisa mengatur resolusi, mengatur iso dan pengaturan lainnya.

Mengatur Arah Memotret

Nah ini cukup penting juga. Untuk menghasilkan gambar yang berkualitas, kalian harus tau angle dan jarak objek yang hendak di foto. Misal jika smartphone kalian memiliki resolusi kamera yang kurang, maka saya sarankan untuk mengambil objek jangan terlalu jauh. Berbeda jika memiliki resolusi yang tinggi namun tidak akan semaksimal kamera mirrorless atau dslr.

Jangan Terlalu Mengandalkan Flash

Memang, lampu flash dapat membuat hasil foto lebih bercahaya, namun jangan asal memakainya karena akan membuat hasil foto tidak alami. Maka lebih baik menggunakan cahaya alami yang akan membuat kualitas foto dnegan pencahayaan yang jernih.

Hindari Mode Zoom

Untuk menghasilkan gambar maksimal, hindari pengaturan zoom pada kamera smartphone kalian. Karena akan membuat hasil foto yang pecah dan memiliki banyak noise. Cukup dengan memotret objek dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Maksimalkan Mode HDR

Nah, ini moe yang pas untuk mengambil latar landscape. HDR akan membuat kualitas gambar dengan mempertajam gambar agar lebih realistis, namun harus pintar dengan penggunaan HDR karena jika tidak maksimal maka gambar yang dihasilkan akan merusak.

Pastikan Lensa Kamera Bersih & Jernih

Untuk foto dengan hasil yang maksimal, kita tahu bahwa lensa kamera harus terjaga dan selalu bersih. Jika ada debu sedikitpun itu mempengaruhi kualitas gambar yang di tangkap. Untuk membersihkannya sendiri sih mudah dengan mengelapkan lensanya oleh kain yang lembut atau lap kacamata.

Sumber

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar