Dliyaun Najiihah Bintu Adhie
Novice Level 2
29 Agustus 2016 - 15:06

Sony Cybershot DSC-W830 Kamera Saku Cerdas

Meskipun sudah tergolong lama dari waktu perilisan namun tak ada salahnya mereview sekelumit pesona si manis Sony Cybershot DSC-W830 ini. Tak relevan aslinya melihat jadwal rilisnya sudah awal tahun 2014 lalu, tapi karena saya orangnya ngotot dan banyak pengennya sekali menulis. Jadi, simak saja ya karena memang tulisan ini bersifat subjektif (berdasarkan pengalaman saya sendiri) dan dibelikan bapak saya secara khusus.

Waktu itu pertengahan tahun 2014 saya ingat-ingat lagi tepatnya bulan april satu bulan sebelum bapak saya pensiun. Pulang kerja sudah nenteng kotakan ini dilihat saja apa yang ada didalamnya eh.. ternyata ada si manis Sony Cybershot W830. Gak nyangka sih ya bakal dibelikan ini karena memang baru awal sekali rilis, dan bapak saya bukan tipe orang yang up to date masalah Gadget. Dan akhirnya saya suka ^_^

Rilis awal tahun 2014, Sony dikenal sebagai pemanja bidang lensa kamera. Dengan andalan Zoom terbaiknya mengusung 8x optical zoom pastinya kamera digital ini sudah cukup mumpuni bagi pemula atau bisa jadi bagi yang awam masalah jepret menjepret tapi menginginkan hasil yang memuaskan. Selama dua tahun saya memilikinya tidak ada satu kalipun saya merasa dikecewakan oleh si Sony mini ini.

Karena beberapa kebutuhan juga untuk menunjang studi saya dibangku kuliah dan pengganti smartphone saya yang rusak akhirnya saya pakai saja ini sebagai gantinya. Nah.. karena memang saya kurang tahu masalah istilah-istilah pada barang elektronik jadi saya review dengan kata saya sendiri sesederhana mungkin. Sila tengok review ini semoga bermanfaat.

Size & Weight

Desain body-nya ramping dengan dimensi 3.67 x 2.07 x 0.89 inch dan ringan sekitar 122 gram, kamera ini berkesan mini sehingga memudahkan kita menyimpan ditempat yang sempit sekalipun. Pas juga dengan ukuran tangan saya yang kecil. Material yang digunakan menggunakan bahan metal sehingga menjadikan kamera ini ringan namun tetap kuat (tapi jangan coba-coba dibanting!).

Lens and Screen

Lens Type : Carl-Zeiss® Vario-Tessar® Lens

Dibekali dengan fast autofocus dan optical SteadyShot™ sehingga menjadikan hasil bidikan kita menjadi stabil dan tidak blur. Kebayang ya jika kita sedang mencuri-curi gambar akan seperti apa hasilnya.

Segoyang apapun dan segemetar apapun hasilnya tetap oke. Pada cahaya redup sekalipun dan pada pencahayaan yang kurang bidikan kamera ini sangat tajam dan tanpa mengurangi kesensitifannya.

Juga mendukung Wind Noise Reduction dan image stabilization with Active Mode compensates sebagai tameng tahan guncangan untuk mengurangi guncangan atau blur pada hasil bidikan. Ditambah dengan optical zoom 8x membuat hasil bidikan kita tidak akan pecah.

Dibekali teknologi terbaik perangkat DSLR Sony kamera digital ini menghasilkan resolusi sebesar 5,152 x 3,864 piksel hingga yang kecil 720 x 480 piksel pada resolusi gambarnya.

Selain itu didukung oleh image sensor dengan resolusi 20,5 megapiksel, kamera ini mampu menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik dan menampilkan gambar dengan pencahayaan yang jelas, lebih tajam dan akurat.

Movie

Masalah tombol rekam video kali ini Sony menyediakan secara khusus dan terpisah. Karena biasanya tombol pengganti dari image berganti video biasa kita dapati di pengaturan. Sony sudah memisahkan tombol merekam video, sehingga kita bisa langsung merekam peristiwa tanpa repot mencari pada pengaturan atau mode lain. Dan untuk video mampu merekam dengan resolusi 1920×1080 piksel dan 640x480 dengan kualitas HD dengan format MP4

Baterai and Common

Pada sisi baterai Sony Cybershot W830 ini mendapat tambahan fitur power save mode, sehingga membantu kamera ini lebih hemat baterai kala digunakan untuk mengambil momen di perjalanan. Pengalaman saya sendiri ya baterainya memang memuaskan tahan hingga hampir satu minggu dan gak mudah rewel untuk masalah charger-nya.

Perangkat lain yang mendukung yaitu terdapat USB Connection yang dapat menghubungkan kamera digital ini dengan perangkat lainnya. Memori yang dipakai juga mengandalkan Mass Storage USB Connection dan mode yang digunakan adalah PTP/MTP Hi-Speed USB. Sehingga kita bisa memindahkan data di kamera dengan cara konvensional melalui kabel USB.

Isi Box

Rechargeable battery pack (NP-BN), AC Adapter (AC-UB10C/UB10D), Multi USB cable, Wrist Strap dan Buku Manual

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kamera digital ini cukup minimalis untuk menemani saya dalam beraktifitas ditengah tren kamera saat ini. Namun, dari hasil penelitian saya dibeberapa laman review banyak yang menyayangkan tidak ada mode Wi-fi sehingga menyulitkan untuk bertukar dan transfer hasil bidikan. Tapi bagi saya selagi ada USB Connection pun tak masalah. Kameranya pun juga sendu ramah di kantong untuk masalah harga dan tempat. Dan terakhir rekomendasi sekali bagi siapa saja yang ingin membeli kamera pagi pemula yang menginginkan hasil bidikan yang terbaik.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar