evanyzd
Wizard Level 21
23 Maret 2016 - 10:52

Presiden Perdamaian di Aksi Demo Taksi Bernama Herawaty

Gans, sempet perhatikan gak sih? Sejak tahun 2014 ada sesosok ibu-ibu yang nongol di demo-demo massa di Jakarta? Dia menyebut dirinya sebagai Presiden Perdamaian. Pertama kali Ibu ini nongol adalah pada saat berkumpulnya pendukung Prabowo-Hatta di depan gedung MK pada tahun 2014 lalu.

Ini beritanya seperti yang gw kutip dari Detik, Sooperboy dan Aktualita

Di tengah riuhnya pendukung Prabowo-Hatta yang mengawal sidang perdana gugatan Pilpres 2014 di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), tampak seorang ibu-ibu dengan kostum mencolok. Ia berkeliling di antara ribuan pendukung dan menjadi obyek foto para pendukung.

Ia mengenakan pakaian terusan warna putih lengan panjang, selempang warna merah bertuliskan 'Presiden Perdamaian' dan penghias kepala. Wanita paruh baya bernama Herawaty Rinto Paeran tersebut mengaku bukan pendukung Prabowo-Hatta.

"Saya menyerukan perdamaian. Saya sering datang di tempat-tempat konflik dan di acara demonstrasi. Jadi di sini bukan sebagai pendukung Prabowo-Hatta," kata perempuan yang tinggal di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat tersebut di depan Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (6/8/2014).

Herawaty mengaku telah menjadi 'Presiden Perdamaian' sejak tahun 2000. Kemudian sejak 2 tahun yang lalu, ia mengaku menjadi duta PBB bagian perdamaian.

"Perdamaian di dunia ini harus ditegakkan. Saya terus menyerukan di mana-mana," ucapnya.

Menurut Hera, kostum yang dikenakannya ini memiliki arti khusus, yaitu merah putih. Dalam kesempatan lain, dia mengaku selalu mengenakan pakaian unik agar mencolok.

"Jenis kostum saya gonta-ganti, tergantung kondisi," katanya.

Ia berharap, tidak terjadi konflik apapun di Indonesia pasca pilpres ini. "Pokoknya perdamaian harus ditegakkan," tutup Hera.

Presiden Perdamaian muncul di demonstrasi tuntut PresidenJoko Widodo di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Perempuan yang mengaku bernama Herawati Rinto Paeran itu mengaku hadir dalam kegiatan demonstrasi karena keinginanya untuk menjaga perdamaian pada aksi demo tersebut.

Aksi demo yang melibatkan banyak orang ini, Herawati berharap, demonstrasi kali ini berjalan damai, tidak ada aksi anarkis. Kalau pun ada, aparat seharusnya bertindak sebaik mungkin, tidak boleh main hakim sendiri

"Kalau ada yang anarki, tangkap aja. Tapi jangan dipukuli," kata Herawati pada Merahputih.com, di depan DPR, Jakarta, Selasa (20/10).

Herawati mengaku siap membantu mengadvokasi apabila ada peserta demo yang ditangkap.

"Iya pasti, kami ada tim hukum," katanya.

Untuk diketahui, Presiden perdamaian terbentuk pada tahun 2000. Dalam organisasi tersebut depat beberapa tokoh penting yang ikut serta dalam pembentukan organisasi tersebut seperti mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Waktu itu kan ada bom natal dibentuknya," Jelasnya.

Dalam aski tersebut Herwati yang mengunakan 8 cincin batu akik di jarinya, beberapa massa aksi demo meminta Herawati untuk foto bersamanya.

Hari ini Jakarta kembali dihebohkan dengan unjuk rasa yang dilakukan oleh ribuan sopir taksi. Tak hanya aksi anarkis hingga kemacetan yang menjadi perhatian seluruh warga Jakarta, tapi juga munculnya sosok wanita misterius yang tiba-tiba tampil begitu mencuri perhatian ditengah aksi demo.

Wanita ini ternyata sudah sering tampil di muka umum saat terjadi demo yang kisruh dan anarkis. Mengusung slempang bertuliskan “Presiden Perdamaian” wanita yang sudah tak lagi muda ini dengan berani turun langsung di lokasi kejadian. Siapa sebenarnya wanita ini?

Ya, wanita pemberani yang berhasil mencuri perhatian banyak orang ini bernama Herawati Rinto Paeran. Dan ini bukan kali pertama sosoknya muncul di tengah unjuk rasa. Beberapa media berhasil mengabadikan aksinya yang turun ke jalan lengkap dengan busana nyentrik dan selempang kebanggaannya dengan riasan wajah yang tebal.

Sebelumnya sosok Herawati pernah tampil pada demo sidang perdana gugatan Pilpres tahun 2014 lalu di depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK), ia tampil tidak kalah mencolok dengan tunik putih aksen bordir, headpiece besar di kepalanya, dan selempang dan kacamata hitam kebesarannya.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • PomadeMan
    Wizard Level 20

    kirain photo bomb :v

  • evanyzd
    Wizard Level 21

    kirain photo bomb :v

    PomadeMan

    kalo ada tambahin dong gan