Archie Winata
Junior Level 5
03 Pebruari 2016 - 20:57

Facebook dan Instagram Diam Diam Membuat Desain ASCII dari Foto Foto Anda

Anda tentunya sering mengupload file gambar atau foto ke akun Facebook atau Instagram Anda. Tahukah Anda bahwa ada render ASCII dari gambar gambar yang Anda upload tersebut? Itu jika Anda tahu mencarinya dimana tentunya.

Sosmed Facebook secara diam diam membuat render ASCII dari foto foto Anda, maksudnya adalah membuat ulang foto dan gambar Anda dari data angka angka dan objek. Fitur tersembunyi ini pertama kali diketemukan oleh pengguna twitter Mathias Bynens dan telah dikonfirmasi kebenarannya oleh Mashable dan lainnya.

Bisa Anda lihat pada gambar di atas (diambil dari akun instagram Mark Zuckerberg) terdapat dua foto. Satu foto asli yang diupload oleh Mark dan co founder Instagram Kevin Systrom dan satu lagi merupakan render ASCII nya.

Bynens menunjukkan caranya melihat gambar gambar tersebut. Anda bisa menambahkan kata 'html' atau 'text' pada URL gambar Anda. Bila menggunakan 'html' maka akan ditampilkan gambar biasa. Sedangkan bila 'text' digunakan maka akan muncul render hitam putih ASCII. Namun untuk mengambil gambar tersebut tidak semudah yang seperti kita lakukan biasanya.

Pertama tama Anda harus mendapatkan link URL dari gambar tersebut. Caranya cukup mudah apabila di Facebook Anda tinggal melakukan klik kanan pada gambar dan pilih menu open link in new tab atau bila ada pilihan copy image URL silahkan pilih itu. Namun jika tidak ada maka lanjutnya di new tab. Pada new tab lihat bagian URLnya jika ada tulisan .jpg (ekstensi file) di akhir URL maka tinggal tambahkan langkah di atas tadi yaitu menambahkan 'html' atau 'txt' untuk mendapatkan versi ASCII dari gambar tersebut.

Pada Facebook cara ini hanya bisa diterapkan pada foto atau gambar yang sudah diizinkan share secara publik. Dan cara ini tentunya tidak bisa diterapkan jika URL gambar atau foto tidak diakhiri dengan ekstensi file gambar seperti .jpg. Belum pasti kenapa hal ini bisa dilakukan di gambar yang satu namun tidak pada gambar yang lain, namun tentunya dengan mengutak atik sedikit kita bisa menemukan caranya di kemudian hari.

Kalau pada Instagram, prosesnya agak sedikit rumit namun keberhasilannya lebih besar bila dibandingkan cara sebelumnya di Facebook. Anda tetap diharuskan mencari URL gambar tersebut namun dengan cara sedikit berbeda, yaitu dengan melakukan klik kanan dan melihat source code dari image tersebut dengan memilih piliham view page source. Cara mudah setelah membuka page source adalah dengan menggunakan 'Find" dengan kombinasi CTRL + F dan ketikkan jpg. Lalu copy dan paste URL gambar tersebut dan tinggal lagi lagi tambahkan 'html' atau 'txt'.

Belum jelas mengapa Facebook melakukan ini dan apa tujuannya, namun penemuan hal ini merupakan hal yang cukup menyenangkan mengingat ini salah satu easter egg dari sosial media tersebut yang cukup tersembunyi.

SUMBER

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Stephen Lukas
    Senior Level 10

    keren,, boleh juga tuh