Archie Winata
Junior Level 5
25 Januari 2016 - 19:56

Ini Cara Membuat Sendiri Robot Android Anda

Pernahkan timbul dalam benak Anda menjadi seorang ahli yang mampu membuat sebuah robot berikut program untuk mengendalikannya? Tapi nyatanya Anda ingin sekali membuat robot namun tidak tahu harus mulai darimana bukan. Kini telah hadir suatu jasa berlangganan yang akan mengurus semuanya itu, Anda hanya tinggal mendesain dan merakit robot kesukaan Anda. Jasa ini bernama Thimble, dan perusahaan ini sedang berusaha keras menjadi toko satu satunya bagi mereka yang ingin lebih dalam mempelajari teknologi dan menjadi ahlinya.

Anda tentu sudah pernah mendengar Blue Apron, ya jasa berlangganan sejenis namun bedanya perusahaan ini bergerak di bidang kuliner dengan cara mengantarkan bahan bahan makanan dan resep langsung ke rumah Anda sehingga Anda bisa langsung memulai proses masak memasak, baik Anda yang sudah ahli maupun masih belajar. Nah Thimble ini juga kira kira sama prosedur dan konsepnya. Perusahaan akan mengantarkan alat alat dan perlengkapan merakit robot berikut juga program program untuk menjalankannya yang bervariasi mulai dari robot biasa sampai robot helikopter.

Segala sesuatu mengenai robot Anda akan dikemas dalam sebuah boks berwarna oranye yang akan diantar langsung tepat di depan pintu Anda. Dan yang mengasyikannya setiap bulan akan ada proyek proyek yang berbeda untuk Anda rakit menjadi sebuah robot nyata.

Perusahaan ini juga memiliki inovasi unik khususnya bagi para perakit yang ingin berkompetisi. Setiap bulannya akan diadakan kompetisi dimana para pelanggan akan dapat berpartisipasi dengan kreasi mod nya sendiri dalam merakit robot. Kemudian hasil kreasi mereka akan dikumpulkan dan dinilai oleh jajaran juri dari berbagai perusahaan ternama seperti Intel, AT&T, Upverter, Foundry, Autodesk, dan Hackster.io. Dan pemenang yang beruntung akan mendapat hadiah berupa perangkat keras dan tentunya kebangaan tersendiri karena karyanya akan dipajang di laman depan web.

Kickstarter untuk Thimnble masih tersisa sekitar 17 hari lagi. Awalnya program ini hanya membutuhkan dana sekitar 25 ribu USD agar proyek ini dapat direalisasikan. Namun yang terjadi diluar dugaan semua orang, oleh karena ketertarikan masyarakat yang begitu tinggi atas proyek ini, tim Thimble bahkan sudah berhasil mengumpulkan dana hampir 10 kali lipat dari yang mereka butuhkan yaitu 232.455 USD!

Walau tidak semua proyek yang diluncurkan akan melibatkan Sistem Android, namun Thimble menyatakan servis mereka cocok untuk orang dengan usia 13 tahun ke atas, karena akan melibatkan proses solder menyolder dalam merakit robot yang membutuhkan ketelitian dan kehati hatian dan juga cukup berbahaya, Jadi proyek perakitan robot ini sangat cocok menjadi kegiatan orang tua dan anak di waktu luang mereka.

SUMBER

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Stephen Lukas
    Senior Level 10

    btuh biaya berapa nih?