Archie Winata
Junior Level 5
06 Januari 2016 - 22:21

10 Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Kini koneksi data internet dapat kita genggam dengan mudah. Apalagi dengan Wi-Fi maka setiap gadget atau laptop kita bisa terkoneksi dengan internet cukup dengan mengakses lewat koneksi Wi-FI. Tapi kita sebagai user jangan hanya tahu pakai saja. Kalau tiba tiba koneksi lambat seperti keong atau putus putus mungkin ada sesuatu yang salah. Nah berikut cara cara mempercepat koneksi Wi-Fi patut dicoba.

  • Cek Posisi Router

Router berfungsi mengirim sinyal ke segala arah jadi Anda harus menempatkannya di tempat strategis yang bisa menjangkau seluruh ruangan atau rumah Anda.

  • Router di Lokasi tepat

Jangan pernah taruh router di bawah atau lantai. Taruhlah di tempat yang tinggi karena router juga mengirim sinyal kebawah.

  • Letakkan router di tempat khusus

Letakkanlah router di ruangan tempat khusus dimana semua aktivitas internet di rumah berlangsung sehingga semua dapat menangkap sinyal dengan baik.

  • Pastikan router tanpa hambatan lain

Taruh router di tempat seminimal mungkin halangan atau hambatan. Karena sinyal wireless bisa menjadi 'terkurung' dan ada beberapa bahan material yang juga menyerap sinyal wireless jadi Anda harus cermat.

  • Jauhkan dari perangkat elektronik lain

Jelas perangkat elektronik menghasilkan gelombang elektromagnet. Hal ini menganggu sinyal wi-fi. Perangkat seperti ponsel atau speaker hendaknya dijauhkan saja.

  • Atur antena agar berdiri

Antena diberdirikan agar pancaran sinyal maksimal dan seluruh user dapat merasakan sinyal tersebut.

  • Periksa kekuatan sinyal

Bisa gunakan aplikasi seperi Cloud Check atau Amped. Aplikasi tersebut dapat mendeteksi bagian bagian mana yang mendapat sinyal lemah atau kuat.

  • Atur software dari router tersebut

Bisa setting router Anda melalui browser dengan mengetikkan IP address dari router tersebut. Ketika berhasil masuk kita bisa mengadakan beberapa pengaturan tertentu. Biasa yang sangat berpengaruh adalah pengaturan channel. Gunakan channel 1, 6 atau 11 dikarenakan ketiga channel tersebut dilihat minim gangguan karena jarang bentrok dengan channel lain. 

Dan Anda bisa periksa juga apakah firmware router Anda sudah terupdate atau belum agar dapat memberikan performa maksimal.

  • Speedtest itu perlu

Lakukan speedtest untuk mencari tahu apa masalah dengan koneksi wi-fi Anda. Pertama lakukan dengan hotspot Anda lalu kedua lakukan dengan koneksi internet kabel Anda agar Anda tahu letak permasalahannya di router Anda atau provider internet Anda.

  • Beli router baru

Ketika langkah di atas sudah dicoba dan tak membuahkan hasil mungkin membeli router baru yang kualitas terjamin dan tidak abal abal bisa menjadi solusi terakhir Anda.

sumber

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Stephen Lukas
    Senior Level 10

    kalau mau lbh cpet lgsg LAN aja gan :D