Bima Satria
Master Level 25
22 Juli 2015 - 20:55

Unik, Buka Kunci iPhone Hanya Dengan Selfie

Apple saat ini mengandalkan Touch ID sebagai sistem keamanan perangkat iOS. Dengan Touch ID, pengguna bisa membuka akses (unlock) iPhone atau iPad dengan mencocokkan sidik jari. Apple sepertinya akan mengeksplorasi cara baru untuk keamanan perangkat iOS. Sebuah paten yang dilaporkan Cult of Mac menyebutkan Apple kemungkinan akan menggunakan foto selfie sebagai metode unlock perangkat.

Seperti dilansir Ubergizmo, Rabu (8/7/2015), paten ini pada dasarnya mendeskripsikan sistem yang mengharuskan si pengguna berfoto selfie untuk membuktikan bahwa benar mereka pemiliknya, sebelum mendapat akses ke perangkat. Cara ini akan sedikit merepotkan jika dibandingkan dengan metode sensor sidik jari. Kemungkinan Apple hanya akan menggunakannya sebagai backup alat verifikasi, atau bisa juga digunakan dalam proses verifikasi dua tahap.

Ini bukan pertama kalinya Apple memperlihatkan ketertarikan dalam software pengenalan wajah. Di 2010, pembesut iPhone ini mengakuisisi Polar Rose, perusahaan asal Swedia yang dikenal dengan teknologi pengenalan wajah. Belum diketahui apakah Apple akan memakai paten ini. Jika diwujudkan pun, Apple bukan yang pertama melakukannya. Kompetitornya Google segera menerapkan sistem keamanan seperti bekerjasama dengan MasterCard. Foto selfie akan digunakan sebagai otentikasi pembayaran mobile di ponsel Android.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21
    makin marak yang selfie kalo gini
  • Muhammad Eros Julian
    Professor Level 13

    Yakin bisa mengenali pemiliknya ngga tuh?

  • PomadeMan
    Wizard Level 20

    wah masih banyak kelemahannya nih, kalo mukanya kembar gimana coba :v

  • Dimasdanz
    Senior Level 9

    Ini kan ada di Android ICS gan -__-"