evanyzd
Wizard Level 21
14 Juli 2015 - 17:20

Nokia Cari Teman untuk Bikin Smartphone

 

Nokia telah secara resmi menyebut akan kembali ke bisnis ponsel. Mantan pemilik gelar ponsel sejuta umat itu kini tengah sibuk mencari partner untuk dapat menunjang aksi comeback-nya.

Partner yang nantinya dipilih oleh Nokia untuk produksi ponsel tersebut akan mengerjakan berbagai 'pekerjaan berat' dalam bisnis ponsel. Seperti perakitan, penjualan, marketing, dan bagian after sales service.

Sementara Nokia akan berperan sebagai 'aktor intelektual', yaitu dengan menyediakan desain dan teknologi untuk ponsel yang akan diproduksi. Ini serupa dengan langkah yang dilakukan Nokia ketika merilis N1, tablet Android yang diproduksi oleh Foxconn dengan lisensi dari Nokia.

Meski Nokia telah memastikan akan kembali ke bisnis ponsel, mereka masih terikat perjanjian dengan Microsoft ketika bisnis ponselnya diakuisisi. Perjanjian tersebut membuat Nokia baru bisa kembali membuat ponsel pada Q4 2016.

Pernyataan resmi Nokia ini sangat bertolak belakang dengan pernyataan perusahaan asal Finlandia tersebut pada bulan April lalu. Ketika itu mereka menyebut tak mempunyai rencana untuk kembali ke bisnis ponsel.

Namun akhir Juni lalu, CEO Nokia Rajeev Suri sempat memberikan sebuah pernyataan yang menyiratkan rencana Nokia untuk kembali ke bisnis ponsel.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Muhammad Eros Julian
    Professor Level 13

    Nokia lagi mau membangun ulang kejayaan nih