evanyzd
Wizard Level 21
17 Juni 2015 - 18:20

Ini Nich Perbandingan Antara Siri, Google Now dan Cortana.

 

Hai semua, berhubung Cortana sebentar lagi mau dirilis untuk Android, gw mau kasih tau bagaimana sih perbandingan antara Siri, S Voice, Google Now dan Cortana? Mari disimak boy.

 

Apple Siri

Asisten pintar dari Apple ini pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2011. Aplikasi ini mampu membantu penggunanya dalam menjawab pertanyaan, memberikan rekomendasi, dan mencari layanan web yang diinginkan. Aplikasi ini juga mengirim pesan dengan lebih mudah, membuat jadwal agenda, menjalankan aplikasi, memainkan musik, bahkan memprediksi cuaca.

Dengan perintah suara, aplikasi ini akan menyesuaikan hasilnya sesuai keinginan pengguna secara personal. Contohnya kemampuan untuk mencari restoran terdekat yang disukai oleh pengguna. Kelebihan dari aplikasi ini adalah dukungan bahasa selain bahasa Inggris. Saat artikel ini dibuat, Siri sudah mendukung Bahasa Jerman, Jepang dan Perancis dalam melakukan tugasnya seperti menjawab pertanyaan maupun memberikan rekomendasi. Bukan tidak mungkin, kedepan Siri akan hadir dengan berbagai bahasa lainnya yang ada di dunia.

Hal yang perlu diperbaiki dari Siri mungkin hanyalah kemampuan dalam membaca perintah yang lebih detail.

 

Google Now

Voice Assistant dari Google ini hadir setahun setelah kemunculan Siri. Aplikasi ini mampu memberikan informasi lebih cepat bahkan sebelum pengguna menginginkannya Lewat Google Now, pengguna bisa memerintahkan pencarian lewat Google cukup dengan suara, mencari tahu informasi lalu lintas, informasi cuaca, dan mengetahui restoran terdekat.

Google Now juga menyediakan fitur Google Now Cards yang berfungsi sebagai pengingat aktivitas penggunanya dengan Google Now. Misalnya jika pengguna sering mencari topik tertentu di Internet lewat Google Now, maka fitur ini akan menyimpannya dengan mudah. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu penggunanya mengingat tentang jadwal, agenda, bahkan ulang tahun teman. Aplikasi ini juga mampu melakukan penghitungan, mengetahui suatu konversi bilangan, informasi jadwal film, informasi penerbangan, dan masih banyak lagi.

Bisa dibilang, Google Now adalah aplikasi asisten pintar terdepan karena memiliki kemampuan yang baik.

 

Microsoft Cortana

Cortana yang diperkenalkan Microsoft pada tahun 2014 ini hadir dengan kemampuan yang sebenarnya masih sama dengan Apple Siri dan Google Now. Perbedaannya, barangkali hanya dari kemampuannya yang lebih privasi. Microsoft Cortana mempelajari kebiasaan penggunanya dalam berbagai hal secara lebih pribadi.

Jika pengguna mencari sesuatu misalnya, maka Cortana akan bekerja dengan cara menampilkan hal-hal yang disukai oleh pengguna dan mengabaikan hal-hal lainnya yang tidak disukai oleh penggunanya. Selain itu, komunikasi Cortana juga tidak kaku. Hal yang menyenangkan adalah bahwa Cortana mampu melakukan tindakan sesuai perintah dengan lebih mendetail.

Aplikasi ini juga mampu menjawab ucapan pengguna dengan lebih natural.

 

 

Nih kalau mau liat video perbandingannya

 

 

 

Ayo, menurut kalian siapa yang lebih keren?

 

 

Sumur: YouTube, AndroidTalk, PlimBi

 

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bima Satria
    Master Level 25
    kerenan siri gan, suaranya itu lho :3
  • Arif Nur Ridwan
    Wizard Level 22
    ga tau keren mana, ga bs nyicip soalnya huft