ryoknk
Novice Level 1
05 March 2018 - 16:59

Tips Kamera Digital Terbaru, Manfaatkan Format RAW

Pada sebuah perangkat Kamera Digital Terbaru kini sudah menawarkan berbagai jenis dan format foto yang bisa dipilih oleh para penggunya. Dan tentu setiap jenis atau format foto ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Salah satu format yang sering digunakan oleh para fotografer profesional adalah format RAW.

Ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan oleh para pengguna ketika mengambil gambar dengan format RAW diantaranya adalah.

White Balance

Ketika memotret dengan format RAW, perangkat Kamera ini tidak akan mengotak-atik atau mengubah settingan white balance yang dimiliki objek tersebut. dengan format RAW sebuah foto yang diambil akan secara langsung dikirimkan dari sensor ke memory card Kamera tanpada ada proses pengubahan atau penyesuaian tertentu.

Dengan kata lain gambar yang diambil tadi sangatlah original sehingga bisa lebih mudah untuk di setting white balancenya sesuai keinginan sang fotografer ketika setelah selesai memotret. Terlebih jika kamu memotret di kondisi temperature cahaya yang kompleks dan mudah berubah-ubah. Gambar RAW akan lebih mempermudah untuk penggunanya mengkoreksi gambar pada saat editing nantinya.

Ketika menggunakan format RAW, perubahan white balance ini juga tidak akan mengakibatkan artifak posterisasi seperti yang terjadi pada format JPEG.

Highlight Recovery

Ketika sebuah highlight terkena over exposure makan detail – detail dari gambar yang diambil tadi akan hilang dan bahkan bsia menimbulkan efek blur atau menjadi putih total. Dengan format RAW ini para pengguna bisa mengembalikan detail yang hilang, hal ini memang terdengar cukup mustahil akan tetapi hal ini memang benar adanya.

Pada sistem elemen Red Green Blue atau RGB, tersusun dari berbagai partikel piksel elemen yang menjadi satu. Proses pengembalian detail ini diambil dari salah satu chanel yang masih menyimpan detail yang bisa di perbaiki atau dikembalikan.

Non Destruktif

File format RAW akan selalu tersimpan sebagai file yang murni dan tidak tersentuh dan tidak berubah oleh sistem apapun. Dengan begitu kamu dapat mengeditnya kapanpun juga sesuai kemauanmu. Dengan aplikasi seperti Lightroom, saat kamu mengedit sebuah foto dengan format RAW maka proses editing apapun mulai dari konversi ke hitam putih, crop, koreksi exposure dan proses lainnya akan disimpan sebagai informasi yang terpisah dengan foto aslinya. Sehingga foto kamu akan tetap murni.

Batch Processing

Ketika melakukan sebuah proses dengan file berformat RAW, kamu bisa menerapkan sebuah aturan editing pada beberapa file sekaligus. Misalnya saat kamu selesai hunting foto dan menemukan jika settingan white balance pada foto-foto tersebut tidak sesuai dan exposurenya under 1/3 stop. Maka kamu bisa melakukan koreksi white balance dan koreksi exposure secara beruntun pada semua foto. Sehingga dapat lebih menghemat waktu dan tenaga, hal ini sedikit lebih rumit jika dilakukan pada file berformat JPG.

File berformat RAW ini bisa diibaratkan seperti klise atau file negative di jaman dahulu. File berformat RAW ini bisa disebut sebagai Digital Negatif karena file yang tersimpan tetap murni dan bisa digunakan kapanpun itu.

Itu dia tadi beberapa kelebihan menggunakan file berformat RAW dibandingkan format lainnya pada dunia fotografi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa nikmati berbagai berita menarik lainnya hanya di website resmi kliknklik.com.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar