raiihan88
Novice Level 1
24 November 2017 - 13:16

Menkoinfo Menargetkan Internet Cepat di Semua Sekolah Pada Tahun 2012

HYPERNET – Sekolah adalah salah satu target layanan Internet Service Provider Indonesia (ISP) untuk dapat memberikan jaringan internet dalam dunia pendidikan. Dengan internet memungkinkan pengguna memiliki akses yang mudah dalam mencari informasi selain dari buku. Karena itu, sudah banyak sekolah yang ada di kota besar kini telah terhubung jaringan internet.

Melihat banyak nilai manfaat pengadaan jaringan internet di dunia pendidikan, pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan menghubungkan seluruh sekolah dan fasilitas publik di daerah terpencil untuk juga terhubung jaringan internet. Menkominfo akan memberikan bantuan jaringan internet menggunakan satelit high throughput mulai 2021.

Pada sebuah media online dijelaskan Menkominfo Rudiantara yang menganggap pemerintah bertanggung jawab untuk menghubungkan 262.000 sekolah termasuk SD, SMP dan SMA di seluruh pelosok negeri dengan internet cepat. Saat ini jaringan internet sudah mencakup sekolah di pulau Jawa, sementara pembangunan di luar Jawa masih belum merata.

Dalam penjelasannya dia juga mengatakan bahwa seluruh sekolah termasuk 10.000 puskesmas, 75.000 kantor desa, kantor lurah, kantor kuwu, 10.000 kantor kecamatan, Polres, dan Koramil ditargetkan sudah terhubung internet cepat pada 2023.

Ada pun manfaat internet dalam pendidikan telah banyak mempengaruhi ilmu dan pandangan dunia. Selain sebagai sarana mencari informasi, berikut beberapa manfaat internet di sekolah baik untuk guru maupun pelajar:

Sebagai fasilitas multimedia. Untuk bahan pembelajaran, tentu dibutuhkan berbagai macam media supaya dapat lebih dimengerti dalam satu bidang pelajaran. Baik guru dan siswa dapat memperoleh informasi dengan membaca, mendengarkan, menonton video dari internet. Selain itu, dengan fasilitas multimedia di internet ini dapat membantu memudahkan pengguna untuk lebih memahami infromasi karena adanya tambahan contoh, gambar, animasi dsb.

Mendorong kreatifitas dan kemandirian. Ada banyak sumber yang dapat di gali melalui jaringan internet. Hal ini dapat memberikan seseorang inspirasi untuk lebih mengembangkan kreatifitasnya dalam berkarya. Selain fokus dengan materi pelajaran di sekolah, internet dapat mendorong dan memotivasi siswa dalam mengembangkan intelektual untuk mengembangkan penelitian dan ilmu pengetahuan baik secara teoritis maupun terapan. 

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar