Stephen Lukas
Senior Level 10
21 September 2016 - 21:12

Harga Asli iPhone Ternyata Cuma 3 Jutaan!

Semenjak keluarnya iPhone 7 secara resmi oleh Apple, banyak pihak yang sangat menunggu kedatangan smartphone tersebut yang dibawakan dengan sejumlah update software dan juga hardware yang tidak bisa dianggap remeh. Namun, dengan adanya sejumlah peningkatan pada sisi hardware ini, banyak orang yang juga menyangkan akan harga jual dari smartphone ini yang cukup mahal.

Namun berbeda dengan yang satu ini, sebuah lembaga CNN Money, mencoba menghitung berapa harga "modal" yang harus dikeluarkan oleh Apple tiap satu unit smartphone ini. Hasilnya cukup mencengangkan, antara lain:

  • Layar = USD 37
    - Baterai = USD 4
    - Kamera = USD 26
    - Logic board = USD 74
    - Speaker = USD 11,5
    - Casing = USD 22
    - Bagian lain = USD 117,52

Jika ditotal, maka setiap satu smartphone hanya memerlukan sekitar USD 292 saja untuk varian 128GB nya atau 3 jutaan. Jika dibandingkan dengan harga pasarannya yang mencapai 9,7 juta tentu saja ini menjadi margin yang sangat besar! Bahkan, ada sebuah lembaga yang mengatakan bahwa proses manufakturnya sendiri bila ditotal hanya sekitar 2,9 juta saja. tapi, yang perlu diingat adalah smartphone ini juga dibuat oleh manusia, dan kita juga secara tidak langsung membayar keringat yang mereka keluarkan.

 

Sumber DetikInet

 

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar