Stephen Lukas
Senior Level 10
01 Juli 2016 - 23:49

Super, Inilah Komputer Terkencang di Dunia Dengan 10 Juta Core!

Jika kita punya sebuah PC Gaming, atau sekiranya didukung dengan processor yang sudah mendukung fitur overclocking, rasanya sudah cukup puas dengan kinerjanya yang begitu cepat, misalnya seri Intel Core i7 gen 6 atau FX milik AMD. Namun, jumlah corenya hanya sebatas 8 core saja. Bagaimana jika kita memiliki komputer dengan jumlah core mencapai 10,65 juta buah? 

Yap, itu adalah TaihuLight, sebuah super-computer yang memiliki 41.000 processor dan setiap processornya memiliki 260 core (inti). Jika dikalkulasikan, maka super-computer ini memiliki 10,65 juta core. Tentu saja, hal ini menobatkan China sebagai negara dengan pemiliki super-computer tercepat didunia dan sekaligus negara dengan pemilik super-computer terbanyak di dunia. Tentu saja, komputer secepat ini digunakan untuk berbagai macam hal, misalnya menganalisa cuaca, ladang minyak, hingga merancang senjata nuklir.

So, bagaimana jika kalian diberi kesempatan untuk mencicipi super-computer yang satu ini? Hal apa yang ingin kalian lakukan pertama kali? :P

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bima Satria
    Master Level 25

    gilak 10 juta core cepetnya gimana tuh