Burhanudin Alif Rahmat
Novice Level 1
22 Juni 2016 - 23:13

10 Core Milik MediaTek sudah Biasa, Gimana Kalau 1000 Core?

Prosesor dengan multicore saat ini sudah biasa dijumpai pada alat elektronik kebanyakan, seperti processor PC dan smartphone, bahkan sekarang suatu smartphone sudah memiliki prosesor dengan 10 core di dalamnya, namun, baru baru ini peneliti dari jurusan tehnik computer elektro di Universitas California Amerika Serikat berhasil menciptakan prosesor dengan 1000 core.

Mereka berani menyebut prosesor tersebut sebagai prosesor pertama di dunia yang mempunyai 1000 core, bukan hanya itu, daya yang dibutuhkan chip ini ternyata tidak sebanyak yang dikira, dikutip dari Slashgear, chip ini cukup dengan tenaga dari baterai AA.

Untuk membuat chip prosesor ini, peneliti bekerja sama dengan IBM untuk menggunakan tekhnologi manufacturing 32nm, setiap core pada prosesor ini mendapat kecepatan 1,78GHz dan mampu memproses 1,78 intruksi setiap detik.

Jika chip ini dapat diproduksi secara massal, banyak manfaat pada chip ini untuk industri smartphone, sarana enkripsi, dan masih banyak hal sebelumnya membutuhkan intruksi yang rumit yang bisa dikembangkan.

Sumber beritateknologi

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar