Stephen Lukas
Senior Level 10
08 Juni 2016 - 19:48

NGACO, ICMI Minta Pemerintah Blokir Google dan YouTube?

Berita yang cukup mencengangkan kembali datang dari dunia Internet. Kita tahu bahwa saat ini mungkin Google adalah sebuah situs yang bisa menjawab semua keingintahuan kita, segala apa yang kita cari kita bisa melakukannya dengan Google. Begitupula dengan YouTube, saat ini YoTube sudah menjadi konsumsi bagi kebanyakan orang sebagai media pengganti TV. Lantas, mengapa Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia ini meminta pemerintah untuk memblokirnya?

Mereka menganggap bahwa Google dan YouTube adalah sebuah sarana untuk mencari inspirasi. Inspirasi disini lebih mengarah kepada konten porno dan rangsangan seksual. Hal ini juga diperkuat dengan kondisi saat ini yang semakin marak terjadi kasus pemerkosaan dan kekerasan serta pelecehan seksual yang banyak dialami oleh kaum perempuan. Namun, disalah satu sisi, kita juga tidak akan pernah bisa memblokir internet. Meskipun Google dan YouTube diblokir pun, kita masih memiliki cara mengaksesnya dengan menggunakan VPN.

Namun, untuk saat ini Pemerintah kita masih merancang sebuah Rancangan Peraturan Menteri tentang Penyediaan Aplikasi dan/atau Konten Melalui Internet. Dengan hal lain, tentu saja peraturan tersebut nantinya bakal menaungi Google dan layanan sejenisnya

Nah, bagaimana dengan isu pemblokiran Google? Apakah bisa membawa dampak positif bagi Indonesia, atau sebaliknya?

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Burhanudin Alif Rahmat
    Novice Level 1

    sepertinya bakal susah blokir search engine, hehe