Ali Fitri
Novice Level 1
18 April 2016 - 22:57

Balapan Drone, Olahraga Baru yang Mulai Menyita Mata Dunia

Balapan Drone, Olahraga Baru yang Mulai Menyita Mata Dunia - Pesawat tanpa awak atau yang lebih dikenal dengan nama “Drone” pada awalnya hanya dipakai untuk membantu merekam gambar atau mengambil foto dengan angle yang lebih luas sehingga menciptakan hasil yang beda. Bukan teknologi namanya kalau tidak ada perkembangan yang pesat. Kini, pencinta Drone tidak hanya menggunakannya untuk keperluan seperti itu. Kian banyaknya komunitas Drone menjadikan banyak ide-ide muncul bagaimana cara menikmati Drone agar lebih menarik dan menantang selain hanya untuk kebutuhan fotografi atau sinematografi.

Akhirnya munculah ide untuk melakukan sebuah balapan pesawat tanpa awak. Drone sekarang ini bukanlah sekedar digunakan untuk bersenang-senang tapi sudah masuk ranah olahraga baru. Ajang adu cepat Drone pun berkembang dengan sangat pesat. Banyak komuitas penggila Drone di berbagai belahan negara dunia telah melakukan balapan ini termasuk Korea Selatan yang sudah memulai tren tersebut cukup lama. Tak ketinggalan negeri Paman Sam juga sudah memiliki liga balap dengan pesertanya adalah unit Drone.

Liga tersebut dinamai The Drone Racing League, disingkat DRL. Tak sembarangan, DRL juga mendapat banyak dukungan dari sektor dana untuk agar kejuaran Drone bisa diadakan secara teratur. Bahkan vokalis Muse dan Rapper 50Cent juga tak ketinggalan ikut andil menyokong dana untuk mereka. Untuk pencinta Drone pasti juga tahu kalau bulan Maret lalu telah diadakan Kejuaran Dunia Drone (World Drone Prix) yang diadakan di Dubai dengan total hadian US$ 1 juta atau setara dengan Rp 13milaran.

Hal yang lebih mengejutkan dari kejuaran tersebut ialah yang berhasil membawa hadiah utama dan berhak menyandang juara dunia Dron pertama ternyata seorang anak yang baru berusia 15th bernama Luke. Dia juga berhak atas hadiah uang sebesar US$ 250ribu atau sekitar 3.2miliar rupiah setelah mengalahkan sekitar 2000 peserta lainnya. Dan nantinya, ESPN yang kita tahu merupakan stasiun TV olahraga juga berencana akan menayangkan kejuaran balap Drone nantinya kaeran mereka sudah berkerja sama dengan International Drone Racing Association (IDRA). Menurut ESPN kejuaraan balap Drone akan bisa memiliki popularitas layaknya F1 atau Nascar.

Sumber :http://www.frankgadget.com/2016/04/balapan-drone-olahraga-baru-yang-mulai.html

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar