Ali Fitri
Novice Level 1
15 April 2016 - 07:46

Aplikasi Tani Untuk Kesejahteraan Petani dari Pemerintah

Aplikasi Tani Untuk Kesejahteraan Petani dari Pemerintah - Indonesia selain merupakan negara maritim juga merupakan negara agraris dimana sektor pangan menjadi salah satu hasil terbesar. Namun, menurut pemantauan, kontribusi pada sektor ini dinilai mengalami penurunan dalam dasawarsa terakhir. Selain dikarenakan persaingan pasar bebas yang makin ketat ternyata julmlah petani Indonesia juga turun hingga 5juta petani dari tahun 2003-2013 (berdasara data BPS).

Dan dengan seiring perkembangan teknologi yang ada sekarang ini, campur tangan smartphone pada tiap kehidupan orang juga semakin banyak begitu juga dengan kehidupan petani. Berangkat dari sini, pemerintah bekerja sama dengan beberapa praktisi teknologi untuk membantu petani agar hasil tani dan juga daya jual mereka bisa meningkat.

Hasilnya, lahirnya lima aplikasi yang bisa membantu para petani mulai dari permasalahan awal pertanian, info sarana dan prasarana pertanian, info harga jual-beli hasil tani hingga tentang kepelatihan dan tips-tips pertanian serta forum yang bisa menghubungkan petani seluruh Indonesia ada di dalamnya.

Beberapa aplikasi tersebut adalah TaniHub yang sangat berguna untuk pendistribusian hasil bumi. Lalu, aplikasi LimaKilo agar para petani bisa mengetahui harga terbaru sehingga mereka bisa menjual hasil taninya dengan harga yang lebih baik. Adapula aplikasi Panta Harga dimana para petani bisa melakukan tawar menawar atau jual beli baik dengan para pembeli akhir maupun tengkulak besar. Kemudian ada Nurbaya yang lebih diperuntukan pada penggiat UKM sehingga mereka bisa memperkanalkan produknya secara on-line dengan mudah secara gratis. Selain itu, masih banyak juga aplikasi buatan anak negeri yang juga bisa membantu para petani.

Pemerintah juga paham tentang kemungkinan kendala pemahaman akan teknologi baru seperti ini. Oleh karena itu, sosialisasi juga nantinya akan dilakukan dengan baik dan berkelanjutan bukan hanya kepada para petani itu sendiri tapi juga kepada keluarga atau orang yang dekat dengan kehidupan petani.

Selanjutnya, Pemerintah berharap dengan hadirnya aplikasi ini kesejahteraan kehidupan para petani bisa meningkat kebutuhan pangan Indonesia juga terpernuhi dengan baik.

http://www.frankgadget.com/2016/04/aplikasi-tani-untuk-kesejahteraan.html

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar