evanyzd
Wizard Level 21
29 Maret 2016 - 10:35

Instagram Mau Ubah Algoritma, #boycottinstagram Beredar

Gans, Instagram rencananya mau mengubah cara menampilkan foto. Aplikasi berbagi foto  ini akan beralih dari sistem kronologis ke sistem timeline algoritma, sama dengan yang digunakan Facebook dan Twitter. Rencana perubahan ini memancing penolakan dari netizen, sampai tagar / hashtag #boycottinstagram beraksi di Instagram dan Twitter.

Lewat perubahan tersebut, Instagram akan menampilkan postingan berdasarkan algoritma gans, yakni hal-hal yang dipercaya akan disukai penggunanya, bukan secara kronologis. Beberapa sinyal yang menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan foto-foto yang akan disukai seperti dilansir dari Tech Insider (21/3/2016), diantaranya adalah:

Hubungan antara pengguna dan orang (atau perusahaan) yang memposting foto.
Jika pengguna biasanya menyukai (like) banyak foto dari akun tertentu, atau secara rutin berkomentar, maka Instagram menganggap foto tersebut cocok ditampilkan di akun pengguna.

Waktu
Karena Instagram telah menggunakan basis kronologis selama bertahun-tahun, perusahaan akan mempertimbangkan waktu postingan sebuah foto dilakukan untuk menentukan posisinya di feed pengguna.

Like dan Komentar
Meskipun jurubicara perusahaan meyakinkan bahwa feed baru tersebut tidak akan menjadi ajang kontes popularitas, namun ‘like’ dan komentar tetap berpengaruh.

Berbagi langsung
Instagram akan menengarai postingan apa yang pengguna bagikan dengan sesama, dan siapa orang-orang yang disasar.

Pencarian profil
Jika anda melakukan pencarian khusus, misalkan Rio Haryanto, atau lainnya, akan menjadi sinyal bagi Instagram bahwa pengguna tertarik akan postingan orang tersebut.

Menanggapi perubahan yang akan bergulir secara global dalam beberapa bulan ke depan, banyak netizen sejak minggu lalu mulai menghebohkan Twitter lewat hashtag #boycottinstagram untuk menyatakan penolakannya.

Jadi gimana nih menurut kalian? Apakah kalian setuju dengan rencana Instagram ini? Aku sih no. HAP! #boycottinstagram

Sumber: Google, HargaTop

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Stephen Lukas
    Senior Level 10

    ahhh bikin ribet aja semua minta dinyalakan notificationnya