Archie Winata
Junior Level 5
22 Pebruari 2016 - 19:35

Tanpa App Drawer di Android N, Ikuti iOS?

Kita ketahui bersama bahwa Android N mungkin tidak akan muncul setidaknya sampai akhir tahun ini. Namun berbagai kabar dan rumor sudah bermunculan mengenai Android N. Salah satunya adalah tidak adanya drawer pada Android N ini seperti dikutip dari Android Authority.

Menghilangkan app drawer ini dianggap cukup efisien karena menghilangkan satu langkah ketika kita ingin membuka app kita. Tinggal perlu melakukan scroll saja baik itu secara horizontal maupun vertikal.

Hal ini cukup berbeda bila kita lihat versi Android terbaru yaitu Marshmallow dimana masih disediakan app drawer namun scroll app tersedia secara vertikal. Hal ini menimbulkan kritik oleh sebagian user karena merasa kurang nyaman dan enak menscroll secara vertikal dibanding versi Android sebelumnya yang masih menerapkan scroll horizontal.

Jika kabar ini menjadi kenyataan nantinya, maka Android selangkah lagi menjadi serupa dengan iOS dimana sejak lama tidak menggunakan model aplikasi drawer seperti yang ada sekarang ini. Bahkan beberapa vendor dengan custom launchernya telah menyingkirkan apps drawer ini salah satunya adalah MIUI milik Xiaomi.

Namun kabar ini masih belum pasti karena Google masih mencari respon para user dari versi pra rilis tanpa apps drawer ini. Bisa jadi nantinya Android N nanti akan tetap mengaplikasikan drawer ini. Jadi mari kita tunggu saja kabar selanjutnya.

SUMBER

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar