Archie Winata
Junior Level 5
15 Pebruari 2016 - 18:46

Google Akhirnya Memutuskan untuk Menutup Layanan Picasa!

Tahun lalu Google sudah meluncurkan layanan photo sharing termutakhir mereka yakni Google Photos. Namun yang menarik adalah Google saat itu masih mempertahankan layanan photo sharing mereka yang lain yang sudah terlebih dulu 'eksis' yakni Picasa. Melihat hal ini maka para fans Apple saat itu memprediksi bahwa Picasa cepat atau lambat akan segera ditutup untuk segera digantikan oleh Google Photos.

Dan akhirnya Google secara resmi memutuskan akan mencabut layanan Picasa dan menonaktifkannya untuk kemudian digantikan oleh tentu saja Google Photos. Hal ini tentu sudah melalui pertimbangan matang sebelumnya. Google mengatakan bahwa Picasa akan berhenti beroperasi tahun ini.

Pertimbangannya adalah tidak efisiennya mengatur dua program yang sama fungsinya dan Google dalam hal ini tentu saja memilih aplikasi terbaru mereka dibanding aplikasi lama mereka. Namun Picasa tidak akan diberhentikan dalam waktu dekat ini. Google mengatakan butuh waktu beberapa bulan sebelum benar benar menghentikan layanan Picasa guna memberi kesempatan untuk beradaptasi tentunya.

Program PC Picasa tidak lagi akan mendapat update resmi terhitung mulai 1 Maret 2016 nanti. Jadi bagi Anda pengguna Picasa jangan heran nantinya bila setelah tanggal tersebut Picasa Anda tidak memberikan notifikasi update lagi.

Namun jangan khawatir dengan nasib foto dan album Anda di Picasa. Google menyatakan bahwa Anda akan tetap bisa mengaksesnya nanti di Google Photos tanpa ada satupun file dan album Anda yang hilang. Semuanya lengkap dan bisa Anda atur kembali nantinya.

SUMBER

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar