Archie Winata
Junior Level 5
15 Pebruari 2016 - 18:21

AMD Umumkan Daftar Prosesor yang Dukung Penggunaan Oculus Rift

Akhir akhir ini sedang hebohnya berita dan artikel tentang teknologi Virtual Reality atau VR yang sudah hadir di PC. Teknologi ini memungkinkan kita merasakan secara langsung pengalaman dan sensasi nyata saat bermain game atau menjalankan perangkat perangkat VR. Namun seperti yang juga sudah kita ketahui bersama untuk mencapai teknologi ini dibutuhkan perangkat perangkat dengan spesifikasi cukup tinggi. Misalnya untuk prosesornya sendiri dibutuhkan minimal Intel Core i5 4590 dan minimal VGA Card yang digunakan harus setingkat NVIDIA GeForce GTX 920 dan AMD Radeon R9 290. Dan juga baru baru ini dari pihak Oculus selaku produsen perangkat VR ini mengumumkan beberapa set komputer yang telah diberi stempel 'Oculus Ready'.

Namun ada keanehan dari hal hal yang disebutkan di atas barusan. Kenapa tidak ada syarat minimal untuk prosesor besutan AMD kompetitor utama dari Intel? Nah akhirnya dari AMD sendiri juga sudah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai dukungan mereka terhadap teknologi VR ini. Dilansir dari WCCFTech, AMD mengumumkan seri prosesor mereka yang diklaim sudah bisa menjalankan teknologi VR dari Oculus Rift ini.

Kelima prosesor pada cuplikan di atas diklaim sudah mampu menjalankan teknologi VR, walau kesemuanya masih menggunakan soket prosesor lama AMD yakni AM3+. Lima prosesor di atas ini bahkan dikatakan setara perforrmanya dengan Intel i5 4590. Namun ada hal unik ketika dilakukan ujicoba teknologi VR ini terhadap prosesor keluaran Intel lainnya yang cukup tinggi performanya yakni i7 2600K, hasilnya malah berkebalikan yakni prosesor kuat ini disimpulkan tidak mampu menjalankan teknologi VR.

Tidak ada yang tahu bagaimana hal aneh ini bisa terjadi namun diduga teknologi VR ini membutuhkan teknologi prosesor yang paling mutakhir juga sedangkan kita tahu bersama bahwa prosesor i7 2600K ini dikeluarkan tahun 2011 silam, sehingga dari sisi teknologinya sendiri dikatakan sudah cukup 'ketinggalan'.

Nah Anda penasaran dan iseng iseng ingin tahu apakah komputer kesayangan Anda sudah bisa atau belum dalam menjalankan teknologi VR ini Anda bisa mendownload software Oculus Compatibility Check di SINI.

SUMBER

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar