DimensiData
Apprentice Level 3
15 Pebruari 2016 - 13:28

Tips memilih VPS Server Murah Yang Berkualitas untuk hosting website Anda

Memilih layanan VPS yang terbaik dengan harga murah memang terbilang sekarang ini sangat mudah jika kita hanya mencari harga murah dan order langsung VPS. Bisa Digunakan Untuk apa saja VPS itu? Ketika anda menyewa sebuah VPS, maka anda mempunyai 1 unit Komputer yang berada di datacenter. VPS ini bisa anda manfaatkan untuk apa saja, sesuai kebutuhan misalnya: Web server/ Hosting, Mail Server, FTP, Forex, Dll.

Memilih VPS Server Murah Yang Berkulitas

Oleh karena itulah anda tidak boleh sembarangan dalam memilih sebuah VPS. Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup dalam memilih VPS yang baik. Jika anda masih merasa bingung menentukan VPS yang baik yang tentunya sesuai kebutuhan anda, berikut ini ada beberapa tips memilih layanan VPS Server terbaik untuk hosting website anda.

1. Kebutuhan Pengunjung atau Vistor
Hal ini berarti anda harus mempertimbangkan nya dari dua sisi, yakni sisi eksternal dan juga internal. Sebagai contohnya adalahh semisal anda adalah sebuah agen wisata yang sedang mencari partner travel di setiap kota yang ada di Indonesia tentu saja anda akan memiliki klien dan juga pengunjung yang berasal dari Indonesia.

2. Mempertimbangkan harga dan biayan yang lain
Sebelum Anda menjatuhkan pilihan, lakukan searching terlebih dulu dengan membandingkan harga paket hosting dari berbagai provider. Klasifikasikan beberapa daftar web hosting berkualitas, tentukan ukuran layanan (hosting) yang ingin Anda beli, kemudian bandingkan harganya satu demi satu. Dengan demikian, Anda akan menemukan paket hosting termurah dengan kelas layanan yang sama. Hal ini sangat penting karena hosting VPS server murah belum tentu bagus kualitasnya dan VPS yang bagus pun belum tentu murah.

3. Teknologi dan juga Resource yang digunakan
Pastikanlah bahwa layanan VPS yang akan anda beli mendukung atau menawarkan teknologi yang paling baru. Teknologi baru ini akan membuat anda lebih mudah dalam mengatur dan melakukan manage pada website anda. Beberapa teknologi yang setidaknya harus ada dalam sebuah VPS adalah fitur-fitur yang dapat melakukan monitoring pada CPU seperti misalnya CPU, RAM, disk space dan bahkan inode. Inode adalah sebuah struktur data yang berfungsi untuk menyimpan segala informasi mengenai sebuah file yang ada pada hosting account milik anda. biasanya jumlah dari inode ini melambangkan jumlah dari file, folder, email, atau apapun yang anda miliki dan simpan pada server anda.

4. Menentukan Besar Traffic data dan interkoneksi yang akan anda butuhkan
Sebagai gambaran untuk anda adalah misalnya sebuah website yang mungkin memiliki jumlah pengunjung 2500 setiap harinya maka tidak mungkin akan hanya memiliki memori sebesar 300 MB bukan? Jika anda takut salah dalam menentukan, anda dapat melakukan konsultasi sebelumnya dengan “Customers Support” dari penyedia VPS tersebut untuk memperoleh informasi mengenai VPS yang hendak anda beli. Rumus menghitung kebutuhan bandwidth website/blog: Visitor = 1000 / day = 30k / bulan. BW = 500 x 3 x 30,000 = 45,000,000 KB atau sekitar 45 GB per Bulan.

5. Mengetahui Support atau dukungan yang diberikan
Untuk hal ini anda dapat menyanyakan kepada provider VPS anda dengan detail support yang akan diberikan. Jangan hanya melihat informasi mengenai 24/7, namun anda juga bisa melakukan penilaian dengan melihat testimonial, screenshot atau test ping.

6. Kecepatan Server
Pastinya Anda tidak ingin website atau blog Anda berjalan dengan sangat lambat, bukan? Server berkecepatan tinggi ditentukan specs hardware yang digunakan perusahaan penyedia VPS Server bersangkutan. Anda dapat menguak spesifikasi server dan data center penyedia layanan VPS yang sedang Anda pilih. Pada umumnya, perusahaan penyedia layanan web hosting VPS yang memiliki reputasi bagus bersikap terbuka dengan teknologi yang mereka gunakan.

7. Mempertimbangkan keamanan dari data.
Anda harus menanyakan mengenai detai dari virtualisasi yang digunakan pada sebuauh VPS. Apakah menggunakan openVZ, XEN, KVM atau yang lainnya. Pastikan anda menanyakannya supaya anda mendapatkan VPS dengan tingkat keamanan terbaik.

8. Lokasi Datacenter Server Anda
Didunia ini sangat banyak lokasi Datacenter, banyak negara bagian di USA memiliki datacenter. Tanyakan nama Datacenternya , di Negara mana, Kota mana? Di indonesia sendiri ada beberapa datacenter antara lain, Gd. Cyber Kuningan, IDC DUren 3, Tifa Building, IDC Batam, dll. Adapun beberapa lokasi server yang ditawarkan para penyedia layanan web hosting diantaranya adalah sebagai berikut: Hosting IIX = lokasi server di Indonesia. Hosting USA = lokasi server di USA. Hosting SG = lokasi server di Singapore. Hosting EU = lokasi server di Eropa

9. Memilih VPS yang kompatibel dengan module atau kernel yang paling baru
Dalam kasus ini, usahakan bahwa anda meminya provider untuk melakukan trial dan error terlebih dahulu sebelum anda melakukan order secara pasti. Pastikan mereka juga melakukan update dan juga upgrade. Proses ini pun tidak akan memakan waktu yang lama. Biasanya tidak akan memakan waktu yang lebih dari 1 jam.

Kesimpulannya, meskipun VPS Server murah cenderung riskan dengan kualitas yang kurang, namun bukan berarti anda harus memilih VPS server dengan harga mahal. Anda sebaiknya melakukan perbandingan dan juga review harga yang bijak antara satu provider VPS dengan provider VPS lainnya. Bagaimana apakah anda sudah bisa menentukan pilihan VPS Server yang berkualitas dengan harga yang terjangkau untuk Anda?

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bima Satria
    Master Level 25

    infonya lengkap banget, masih belum ngerti banget tentang VPS sih ane