Archie Winata
Junior Level 5
11 Pebruari 2016 - 21:00

Wow, Nge-Crack Game PC Semakin Susah, Grup Pembajak Terbesar 3DM Pensiun!

Bagi Anda yang masih menikmati game PC bajakan mungkin agak sedikit tidak senang dengan kabar berikut. Pihak pembajak game PC yang cukup terkenal yakni 3DM memprediksi umur game PC bajakan tidak akan lebih dari dua tahun lagi. Hal ini didasarkan pada makin sulitnya game PC sekaran ini untuk ditembus. Apalagi beberapa game terbaru hampir semuanya sudah mengaplikasikan sistem anti pembajakan dua tingkat yang disebut Denuvo. 3DM dikabarkan sampai saat ini masih belum bisa menembus proteksi ini.

Mungkin karena sudah susah payah masih juga tidak bisa memecahkan problem Denuvo ini, maka dengan mengejutkan sebulan setelah mengumumkan prediksi di atas, pihak 3DM mengatakan bahwa mereka akan berhenti dari kegiatan bajak membajak game dan produksi cracknya untuk kira kira satu tahun ke depan.

Oleh Founder dari 3DM yakni Bird Sister atau dikenal juga dengan nama alias Phoenix, mereka sudah mengadakan rapat internal secara keseluruhan dan mengambil keputusan menghentikan kegiatan mereka terhitung setelah perayaan tahun baru China alias imlek.

Yang berhenti sejauh ini hanya 3DM. Namun mereka tetap membuka pintu bagi para pengembang software bajakan lainnya untuk tetap bekerja dan memposting hasil karya mereka di forum. Hal ini akan diatur lebih lanjut. Demikian diungkapkan oleh Bird Sister.

Pemberhentian kegiatan 3DM ini akan dilakukan untuk satu tahun ke depan. Hal ini dilakukan untuk mengamati apakah dengan berhentinya mereka dari kegiatan bajak membajak akan membawa dampak signifikan berupa penjualan game original yang naik atau justru kebalikan dari itu. Setelah satu tahun pihak 3DM akan mengadakan evaluasi keseluruhan dan menurut hasil evaluasi tersebut akan ditentukan nasib 3DM, apakah akan kembali ke kegiatan bajak membajak atau justru akan tutup selamanya.

Sistem proteksi Denuvo ini sudah menjadi momok bagi para pembajak. Sistem besutan Square Enix dan EA ini sangat sulit ditembus dan belum ada satupun pembajak yang berhasil 'mengakali' sistem ini. Hal ini dapat kita lihat dari game Rise of The Tomb Raider yang serupa dengan Just Cause 3, sama sama menggunakan Denuvo dan sampai saat ini belum berhasil dibajak.

Kalau hal ini terus berlanjut, maka besar kemungkinan Anda yang masih bergantung pada game bajakan nampaknya harus segera menabung dan beralih ke game original. Mau tidak mau lagi. Sebagai langkah pertama mungkin Anda bisa melihat sale yang dilakukan Steam dalam rangka menyambut tahun baru China. Di sana Anda akan mendapatkan berbagai game original dengan harga murah tentunya karena sedang sale.

SUMBER

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Stephen Lukas
    Senior Level 10

    katanya hoax ya berita ini? dapet info dr forum sebelah