Archie Winata
Junior Level 5
09 Pebruari 2016 - 18:53

Jolla Tablet Resmi Berhenti Beroperasi, Dana Para Penyumbang Akan Dikembalikan!

Jolla sudah memutuskan memberhentikan proyek tablet mereka. Segala kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan Jolla Tablet ini sudah tidak dilanjutkan lagi. Perusahaan kini sedang memusatkan perhatian mereka kepada pengembalian dana para penyumbang atau investor.

Jolla Tablet ini mengumpulkan dana melalui crowdfunding IndieGogo pada akhir tahun 2014, dimana berhasil mengumpulkan dana sebesar 2,5 juta USD oleh lebih dari 21 ribu orang. Tablet ini sempat dikeluarkan demonstrasinya di MWC 2015 namun setelah itu proyek ini mendapat banyak hambatan dan kendala.

Sebelumnya Jolla harus memberhentikan sebagian dari karyawannya, dan proyek tablet mereka tergantung tanpa kejelasan. Namun setelah mereka berhasil mengumpulkan dana untuk melanjutkan proyek tersebut, sudah terlambat karena masalah suplai produksi mereka tidak bisa diselesaikan lagi.

Jolla sudah berusaha sedemikian kerasnya agar tablet ini mampu dipasarkan namun apa daya hal ini benar benar tidak bisa direalisasikan.

Dengan berhentinya proyek tablet mereka maka Jolla akan fokus pada proses pengembalian dana kepada para suporter mereka dan juga pengembangan SailFish OS. Hanya 540 buah tablet saja yang tercatat berhasil diproduksi dan kesemuanya itu akan diberikan kepada para suporter dana mereka.

Pengembalian Dana tahap pertama akan dilakukan kuartal pertama tahun ini dan sisanya akan diselesaikan paling lambat akhir tahun ini, tentunya tergantung dari keadaan finansial Jolla sendiri.

Dilaporkan Jolla sedang mengumpulkan dana dengan cara menjual lisensi SailFish OS mereka kepada pihak manufaktur. Hal ini merupakan cara utama mereka dalam memperoleh dana segar. Bahkan dilaporkan masih terjadi negosiasi dengan beberapa produsen.

Salah satu kemunculan dari Sailfish OS adalah Fairphone 2 dengan basis Sailfish OS versi 2.0 dan pre-order sudah bisa dilakukan.

SUMBER

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bima Satria
    Master Level 25

    bye bye jolla :(