Archie Winata
Junior Level 5
02 Pebruari 2016 - 07:19

Ranking Vendor 2015, Samsung Masih No 1 di Dunia!

Samsung menjadi vendor smartphone terlaris pada kuartal lalu dengan persentase sebesar 21,4%, dimana angka ini naik dari tahun lalu yaitu sebesar 20 %. Fakta ini didapat dari hasil riset yang dilakukan lembaga riset IDC.

Samsung berhasil menjual sebanyak 85,6 juta unit smartphone pada kuartal keempat tahun 2015.  Angka ini naik dari angka sebelumnya yaitu 75,1 juta unit dalam kuartal yang sama di tahun 2014. Di posisi kedua ada Apple dengan berhasil mengukuhkan angka penjualan sebanyak 74,8 juta unit iPhone dan berhasil mencaplok 18,7 % dari keseluruhan pasar. Dan di bawahnya berturut turut ada Huawei, Xiaomi, dan Lenovo dengan persentase total berturut turut sebesar 8,1%, 5,1%, dan 4,6%.

Bila dilihat dari tahun penjualan 2015 secara keseluruhan maka bisa dilihat tidak banyak yang berubah. Samsung masih menjadi yang teratas dengan berhasil menjual sebanyak 325 juta unit smartphone. Disusul oleh Apple, Huawei, Lenovo, dan Xiaomi, masing masing dengan angka penjualan 231.5, 106.6, 74.0, dan 70,8 juta unit smartphone.

Dan vendor smartphone asal negeri China Huawei dilaporkan sebagai vendor dengan kemajuan yang pesat dari tahun ke tahun. Menurut Melissa Chau Senior Research Manager dari IDC bisa dibilang bahwa kalau berbicara mengenai smartphone biasanya orang akan berbicara mengenai Samsung dan Apple saja namun kali ini Huawei berhasil membuktikan bahwa mereka juga patut diperhitungkan dalam pasar smartphone dunia.

Tambahnya lagi bahwa Meskipun di China sedang mengalami perlambatan ekonomi yang kurang jelas kapan berakhirnya, namun Huawei mampu bertahan dan bahkan bisa memperluas pasarnya ke luar China. Hal ini terbukti dari setengah penjualan Huawei adalah ekspor ke luar negeri. Dan pada tahun ini digadang gadang Huawei akan tetap menduduki posisi ketiga dalam penjualan smartphone.

Total penjualan smartphone di seluruh dunia pada 2015 mencapai angka 1,4 milyar unit smartphone dimana naik 10,1 % bila dibandingkan 2014.

SUMBER

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bima Satria
    Master Level 25

    all hail samsung, btw asus mana ya?

  • PomadeMan
    Wizard Level 20

    pabriknya aja dimana2 gan :3 iya btw asus ama sony kemana ya

  • Risky Wijaya Praba Saputra
    Professor Level 14

    pabriknya aja dimana2 gan :3 iya btw asus ama sony kemana ya

    PomadeMan


    sony udah mulai hilang ditelan jaman :v

  • evanyzd
    Wizard Level 21

    kirain xiaomi teratas... ternyata...