Archie Winata
Junior Level 5
11 Januari 2016 - 19:30

Rekor! Apple Jual Aplikasi Rp 2 Triliun Sehari Pada Liburan Natal

Liburan Natal dan Tahun Baru 2016 menjadi berkah tersendiri buat vendor ternama Apple. Penjualan di Apple Store pun meningkat drastis tak terkecuali.

Durasi dua pekan mulai dari 20 Desember sampai 3 Januari 2016 tercatat konsumen menggelontorkan dana sebesar USD 1,1 milyar atau setara Rp 15,27 triliun untuk belanja Aplikasi dan inapp purchases.

1 januari 2016 memegang peranan penting dimana di tanggal tersebut tercatat penjualan tertinggi yakni USD 144 juta atau sekitar 2,1 triliun Rupiah, mematahkan rekor sebelumnya yaitu sepekan sebelum hari Natal.

Phillips Schiller yang menjabat sebagai Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple menyatakan bahwa ia sangat senang sekali dengan pelanggan yang sangat banyak mendownload berbagai macam aplikasi untuk perangkat Apple mereka seperti iPhone, iPad, Mac, Apple TV dan Watch, 20 juta dolar amerika untuk tahun lalu saja. Ia juga menyatakan ini rekor terbaik Apple.

Aplikasi populer dikutip dari laporan Apple adalah aplikasi dengan fungsi gaming, jejaring sosial, dan entertainment. Ketiga ini paling banyak diminati sepemantauan Apple.

User tetap dapat memainkan game seperti Minecraft dan multi-tasking secara media sosial seperti program messenger dan chatting seperti facebook dan WeChat.

Aplikasi dan game berlangganan juga masuk ke dalam daftar populer seperti Clash of Clans. Dan aplikasi streaming video berbayar seperti Netflix dan Hulu juga populer dan dipakai banyak orang.

Untuk segmen Apple TV aplikasi terbanyak didownload antara lain Rayman Adventures, Beat Sports, dan HBO Now menjadi pemuncak. Sedangkan di Apple Watch para user paling banyak memilih aplikasi seperti Nike+running, iTranslate, Lifesum dan CityMapper.

Dilaporkan Apple telah mengirim dana sebesar USD 40 Miliar kepada para developer sejak 2008 silam. Sepertiga dana tersebut diraup dari penjualan untuk tahun lalu saja.

Suksesnya Apple store diyakini telah banyak membantu para pencari kerja. Tercatat di Amerika sebanyak 1,9 juta lowongan kerja telah dibuka. Di eropa 1,2 juta sedangkan di China sudah 1,4 juta.

Akhir kata Schiller menyatakan rasa terima kasihnya pada para developer yang sudah bekerja keras di 2015 dan mengharapkan kreasi berikutnya di tahun 2016 nanti.

sumber

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Samyang
    Apprentice Level 3

    gila duit semua tuh