Archie Winata
Junior Level 5
11 Januari 2016 - 11:48

Tahun 2016 Motorola Bakal Hengkang Dari Pasar Smartphone

Tak terasa sudah 4 tahun lebih Motorola menjadi yang pertama dalam produk nirkabel mereka. Namun di tahun 2016 ini Motorola menyatakan diri undur dari pasar Smartphone. Hal ini disebabkan karena Lenovo berniat menggabungkan kedua smartphone mereka.

Dilansir dari IBTimes, semua produk smartphone akan digabung dalam satu brand yaitu Lenovo. Lalu bagaimana dengan Moto? Moto sendiri akan menjadi brand untuk smartphone kelas premium dari vendor asal China tersebut.

Chief Operating Officer Motorola yaitu Rick Osterloh menyatakan bahwa akan secara pelan pelan menghilangkan brand Motorola dan lebih terpusat ke Moto. Dikutip dari wawancara CNET selama CES 2016.

Kita tahu bersama Lenovo sudah mengakuisisi Motorola dari perusahaan besar Google dengan nilai 2,9 miliar Dolar Amerika tepat 3 tahun setelah Google mengakuisisi Motorola senilai 12,5 miliar dolar Amerika.

Hal ini merupakan strategi bisnis Lenovo yang bisa dibilang masih pemain baru di pasar Smartphone. Sehingga produksi smartphone mereka bisa makin fokus.

Dalam rencana penghapusan Motorola, Osterloh yang akan bertanggung jawab kedepannya dalam produksi smartphone. Di mana dibawah bendera seri Vibe akan menjadi perangkat kelas low-end dari Lenovo.

Motorola didirikan di Chicago pada 1928 merupakan perusahaan pertama yang memproduksi perangkat telekomunikasi nirkabel, dengan perusahaan Martin Cooper yang membuat public phone pertama dari perangkat wireless pada 1973.

Motorola membawa produk ponsel pertama mereka pada tahun 1983. Hal ini puncak dimana bisnis produk telekomunikasi nirkabel mereka bisa dibilang sukses di pasaran. Namun beberapa tahun terakhir ini mereka cukup kerepotan menghadapi persaingan di bisnis smartphone.

Di CES 2016 selain mengungkapkan penggabungan Motorola, Lenovo mengeluarkan plan mereka untuk memperluas pasar ke Amerika. Hal senada juga diungkapkan vendor besar lain Huawei yang ingin melakukan penetrasi pasar ke Amerika Utara.

sumber

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Samyang
    Apprentice Level 3

    bye bye motorola