PomadeMan
Wizard Level 20
27 November 2015 - 03:05

Li-Fi, 100 Kali Lebih Cepat Dari Wi-Fi Wow!

Teknologi transmisi antar data kini sudah diperbaharui oleh dunia. Li-Fi, merupakan sebuah teknologi yang berasal dari sebuah lampu LED yang di rancang sebagai pemancar sinyal internet. Dalam mengirimkan data kecepatan Li-Fi dapat menembus dalam hitungan nano detik yang pastinya gak bakal bisa terdeteksi sama mata kita. Teknologi ini ditemukan pada tahun 2011 dan ahkan di saat pengembangan di dalam laboratorium, lampu ini ini dapat mentransisikan data dalam kecepatan 224 Gbps. Download file yang bergiga-giga pun mungkin sudah dalam hitungan detik ya?

Kelebihan dan kekurangan dari teknologi ini yaitu apabila teknologi WiFi yang telah kita kenal sebagai sinyal yang dapat menembus benda padat seperti papan ataupun tembok, maka Li-Fi adalah kebalikannya. Layaknya karakteristik dari cahaya, Li-Fi tidak dapat menyeberang ke ruangan sebelah karena cahayanya akan terhalang oleh dinding pembatas maupun penghalang lainnya. Mungkin bisa dibilang kurang efektif apabila digunakan di gedung yang memiliki ruangan yang banyak, tapi di situlah sisi benefit-nya yang lain. Gak ada lagi yang namanya Curank-Fi aka pencurian Wi-Fi atau orang yang tiba-tiba ngikut koneksi kita karena Li-Fi dapat dengan mudah membagi-bagi koneksi bergantung dimana lampu tersebut dipasang.


Terdapat beberapa perusahaan yang sudah mengembangkan teknologi Li-Fi ini diantaranya, Velmenni, Oleddcomm, dan pureLiFi. Penemu teknologi Li-Fi sekaligus pendiri perusahaan pureLiFi ini bernama Harald Haas. Sekarang lampu dan internet sudah menjadi ce-es yang melekat dalam kebutuhan teknologi. Mudah-mudahan teknologi ini segera hadir di Indonesia dengan biaya layanan yang tentunya murah dan terjangkau agar dapat dinikmati di semua kalangan ya?

Yuk, simak video penjelasan Li-Fi yang dikembangkan oleh pureLiFi dibawah ini.

 

sumber: mashable.com

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar