DimensiData
Apprentice Level 3
26 November 2015 - 15:47

Pengertian Router, Fungsi Router, dan Cara Kerja Router

Apakah Anda sering menggunakan router, atau Anda belum pernah mendengarnya? Router merupakan suatu perangkat jaringan untuk menghubungkan beberapa network, baik network yang sama ataupun network yang berbeda. Setidaknya router memiliki dua network yang interface. Router sendiri memiliki berbagai model yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Router merupakan alat yang digunakan untuk pengiriman paket data pada jaringan ke tujuan tertentu. Pengiriman data melalui jaringan internet tersebut dinamakan routing dan proses ini terjadi pada IP (Internet Protocol). Jadi, router bisa menghubungkan lebih dari satu jaringan sehingga bisa menerusakan data ke jaringan lainnya.

Sebagian orang menganggap router sama dengan Switch, padahal keduanya sangat bereda. Switch adalah suatu penghubung alat agar bisa membentuk LAN (Local Area Network). Kebanyakan, router digunakan untuk jaringan berbasis IP sehingga banyak yang menyebutnya router IP dan salah satunya adalah internet. Ruter sangat besar manfaatnya karena router memiliki kemampuan untuk mendeteksi informasi yang akan dikirimkan, apakah data tersebut ditujukan pada host yang berada di satu network ataukah pada host yang berada di network yang berbeda. Router pada beberapa perusahaan juga bis digunakan untuk menghubungkan LAN menuju layanan komunikasi DSL.

Apa saja model wireless router?
Ada cukup banyak model router yang bisa digunakan baik perorangan maupun perusahaan. Berbagai produk router bisa digunakan untuk pengguna rumahan ataupun untuk perusahaan. Router dikemas menjadi dua jenis yaitu router yang dipaketkan bersama dengan model Cable atau ADSL, ataupun router yang tidak terpaketkan dengan model tersebut. Selain itu, dipasaran ada juga dua model router diantaranya router dengan port switch dan router dengan beberapa port switch beserta wireless AP.

best wireless router

ADLS modem merupakan modem yang memiliki wireless AP sekaligus terdapat router di dalam modem tersebut. TP-Link mengeluarkan beberapa model jenis ADLS diantaranya N150 dan N300. Untuk kecepatan akses jenis N150 adalah sebesar 150Mbps sedangkan jenis N300 memiliki kecepatan hingga 300Mbps. Jenis wireless router N150 sangat disukai gamer karena mereka bisa bermain game online dengan lancar dan juga video streaming. Beberapa jenis wireless N150 tersebut memang sangat baik untuk streaming karena kecepatannya. Sedangkan jika Anda ingin lebih cepat lagi, Anda bisa memilih model wireless router N300 yang memiliki kecepatan 2 kali dari N150. Jenis router gateway sangat mendukung fitur Universal Plug and Play (UPnP).

Model wireles router lainnya adalah modem Tplink ADSL plus router, Tplink memang mengeluarkan tiga jenis modem router diantaranya TD-8840T, TD-8817 dan TD-8816. Semua tipe tersebut merupakan gabungan dari model-model ADLS yang berisi router pada satu perangkat. Ketiga model tersebut dilengkapi dengan fitur yang menarik diantaranya akses internet menggunakan layaan ADSL dan NAT yang digunakan untuk melindungi terhadap masalah internet. Selain itu model tersebut juga dilengkapi dengan Quality of Services (QoS) sehingga memprioritaskan bandwidth. Dengan kecepatan sekitar 24 Mbps, Anda bisa memanfaatkan router ini dengan mudah.

Saat ini, hampir di semua perusahaan atau instansi bahkan di rumah-rumah menggunakan model router yang sesuai kebutuhan. Untuk memanfaatkan teknologi internet yang lebih maksimal, keberadaan wireless router memang dibutukan. Untuk mendapatkannya, Anda tidak perlu membayar mahal karena ada banyak wireless router yang dijual dengan harga terjangkau namun berkualitas.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar