DimensiData
Apprentice Level 3
06 November 2015 - 17:14

Sejarah Internet dan Perkembangan Internet di Dunia Lengkap

Saat ini, hampir semua orang selalu berhubungan dengan internet dengan berbagai perangkat yang ada. Bukan hanya di kantor saja mereka menggunakan internet, namun di rumah dan dimana saja internet selalu dibutuhkan. Internet bisa membuat dunia menjadi lebih mudah dijelajahi, bahkan Anda bsia lebih mudah mendapatkan berbagai informasi yang Anda butuhkan dengan cepat dan biaya lebih murah. Internet dikenal sejak tahun 1960, dimana saat itu dibuat suatu teknologi jaringan komputer. Teknologi jaringan komputer tersebut merupakan kumpulan-kumpulan komputer yang saling berhubungan.

Internet pertama kali ditemukan atau dibuat oleh J.C.R Licklider pada tahun 1962. Licklider memiliki gagasan bagaimana setiap orang bisa terhubung dengan data dan juga program menggunakan jaringan global. Saat itu dia menjadi pimpinan untuk penelitian komputer pada Department Pertahanan Amerika Serikat. Penelitiannya di ARPANET yaitu untuk merancang bentuk jaringan, suatu kehandalan dan juga besar kecilnya suatu info yang akan dipindahkan. Pada awalnya, proyek ini ditujukan untuk keperluan militer. Setelah itu, pada tahun 1966 Larry Robert merancang jaringan ARPANET. Jaringan tersebut kemudian diluncurkan pada tahun 1967 dan sekitar tahun 1969, jaringan ini bisa menghubungkan empat komputer. Sekitar 3 tahun kemudian, ARPANET menggunakan NCP sehingga bisa digunakan untuk transfer data.

Sejarah Internet

Di tahun 1972, ARPANET bisa terkoneksi secara international, hal ini dimulai dari Royal Establishment di Norwegia dan juga University College of London. Pada tahun 1978, Laboratorium Bell menemukan Unix to copy Protocol. Alat ini digunakan untuk mengstransfer data atau file. Dan protocol baru bisa dicetak pada tahun 1982 dengan nama IP yang digunakan untuk ARPANET. Setelah itu, barulah internet didefinisikan sebagai kumpulan jaringan yang bisa terhubung melalui IP yang digunakan sebagai protocol. Internet semakin berkembang dari waktu ke waktu hingga pada tahun 1983 dikembangkanlah DNS atau Domain Name System oleh John Postel, Craig Partidge dan juga Paul Mockapetris. Ketiganya telah mengembangkan DNS yang sekarang sering kita manfaatkan.

DNS yang dikembangkan Postel dan kawan-kawannya tersebut bertujuan untuk pengamatan sistem dalam bentuk user@host.cdomain. Dan setahun kemudian yaitu tahun 1984, ada beberapa jenis domain yang diperkenalkan di dunia maya diantaranya adalah .net, .com, .gov, .mil, dan .org. Selain perkembangan internet yang cukup pesat, saat itu keberadaan PC juga semakin banyak digunakan masyarakat. Dan pada tahun 80’an, ARPANET memiliki sekitar 200 host yanng terhubung untuk membantu masyarakat. Era tersebut juga membuat BITNES memiliki layanan lain yang hingga kini masih diminati masyarakat diantaranya adalah e-mail, FTP (File Transfer Protocol) dan juga mailing list. Internet mengalami perkembangan yang cukup pesat sekitar tahun 2000. Pada tahun tersebut banyak situs yang bermunculan dan jumlahnya sunggu fantastis.

Perkembangan situs media sosial

Ada milyaran situs di dunia maya demikian juga banyak sekali bisnis yang memanfaatkan internet yang sekarang ini kita kenal dengan nama bisnis online. Dengan adanya internet, kita memang bisa melalukan semua dengan mudah. Bahkan banyak orang yang bisa mengubah hidup mereka dengan internet. Tak heran jika banyak milyarder yang sukses berbisnis karena internet. Internet adalah bukti revolusi teknologi yang berkembang begitu pesat di dunia. Semakin lama pengguna internet semakin banyak karena berbagai fungsi dan manfaat yang dimilikinya. Dengan internet kita bisa mengetahui beragam informasi dan hiburan. Internet pula yang membantu manusia menemukan teknologi lainnya. Jadi, jangan ragu untuk mengubah hidup Anda dengan internet.

Sumber: Blog DimensiData

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar