DimensiData
Apprentice Level 3
29 Oktober 2015 - 13:22

Tipe / jenis Kamera Digital

Kamera digital merupakan jenis kamera yang banyak digunakan saat ini untuk mengambil gambar dari objek yang diinginkan. Kamera ini menghasilkan gambar yang jauh lebih baik dibandingkan kamera-kamera biasa. Ada cukup banyak jenis kamera digital yang bisa dipilih saat ini. Dalam kamera digital terdapat beberapa komponen diantaranya adalah sensor, media penyimpanan, layar LCD, black box, lensa dan juga shutter. Sensor pada kamera merupakan sensor yang digunakan untuk menangkap gambar sedangkan layar LCD merupakan layar yang terletak pada bagian belakang kamera yang digunakan untuk setting kamera. Bagian shutter pada kamera digital merupakan tombol untuk mengambil gambar.

Kamera digital pada umumnya memiliki body berwarna hitam dan bagian ini tidak memantulkan cahaya. Kamera digital juga dilengkapi dengan media penyimpanan untuk menyimpan gambar yang direkam. Namun tidak semua kamera digital memiliki media penyimpanan dalam sehingga Anda bisa menggunakan memori eksternal. Pada kamera bagian penting lainnya adalah lensa, bagian ini tembus terhadap cahaya. Lensa pada kamera digital memiliki dua permukaan lengkung atau salah satunya saja yang lengkung. Ada cukup bayak jenis kamera digital yang digunakan untuk pemotretan. Setidaknya saat ini ada 4 jenis kamera digital yang digunakan untuk memotret.

Mengenal Jenis dan Tipe Kamera Digital

Beberapa jenis dan tipe kamera digital tersebut diantaranya:

1. Pocket digital camera

Pocket digital camera

Kamera digital saku merupakan kamera yang sangat praktis dan mudah digunakan. Kamera ini otomatis dalam pengambilan gambar dan juga penyimpanannya. Dengan fitur yang masih terbatas maka pengguna bisa mendapatkan foto digital sesuai keinginan. Pocket digital camera sangat praktis dan mudah disimpan di dalam saku karena ukurannya yang sangat kecil.

2. Digital camera phone

Digital camera phone

Kamera digital ponsel atau digital camera phone merupakan kamera digital yang berukuran kecil yang ditempatkan pada ponsel. Saat ini perkembangan kamera digital ponsel sangat baik hingga banyak smartphone atau ponsel pintar yang memanfaatkan kamera digital untuk melancarkan pemasaran ponsel mereka. Dengan kebutuhan masyarakat yang suka berfoto dengan ponsel mereka, keberadaan kamera digital ponsel pada smartphone semakin baik performanya. Berbagai merek smartphone atau ponsel android saat ini menggunakan kamera digital yang sangat handal dan dengan teknologi yang sangat baik. Hal inilah yang menjadikan kamera digital ponsel melejit dan menjadi pertimbangan saat membeli ponsel. Semakin baik kamera yang ada pada ponsel tersebut maka semakin mahal harga ponselnya.

3. Digital SLR Camera

Digital SLR

Digital SLR atau kamera digital Single Lens Reflex merupakan jenis kamera digital yang memakai pentaprisma dan juga cermin yang otomatis sehingga cahaya bisa diteruskan ke pembidik dari lensa. Pada kamera jenis ini, cahaya yang datang dari lensa dipantulkan oleh cermin kemudian ditujukan ke arah atas hingga mencapai 90 derajat. Setelah tu pentaprisma memantulkan cahaya di mata fotografer.

4. Prosumer digital camera

Prosumer digital camera

Kamera digital prosumer merupakan jenis kamera saku digital dan kamera SLR, kamera jenis ini identik dengan kamera yang hampir sama dengan kamera DSLR dalam hal bodynya. Saat ini kamera prosumer menjadi sangat mudah digunakan untuk memotret baik pemotretan makro, landscape dan juga untuk foto tele pada alam terbuka.

Dengan kamera digital, semua hal serasa jauh lebih mudah dilakukan, apalagi untuk memotrek objek yang diinginkan. Anda bisa lebih gampang mengabadikan moment terindah dengan memilih salah satu jenis kamera digital di atas. Dan yang paling praktis memang kamera digital ponsel.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar