DimensiData
Apprentice Level 3
17 Oktober 2015 - 13:21

Sejarah Komputer, Laptop Pertama Di Dunia

Saat ini, Anda bisa membeli laptop dengan merek dan harga berapapun. Keberadaan laptop memang sudah tidak asing lagi, bahkan satu orang ada yang memiliki lebih dari satu laptop. Namun, taukah Anda bahwa laptop saat ini adalah perkembangan laptop zaman dulu yang sangat unik. Laptop merupakan komputer jinjing dimana kita bisa membawanya kemana saja dan bisa menggunakannya kapan saja. Lalu, siapakah yang sebenarnya memulai untuk membaut laptop sehingga saat ini kita bisa menikmatinya dengan mudah? Tentu saja, perkembangan laptop dimulai dulu dari komputer, setelah itu barulah orang berpikir untuk menciptakan sesuatu yang jauh lebih mudah daripada komputer.

Alan Kay, adalah sosok yang berperan penting dalam penemuan laptop, dialah yang menemukan gagasan untuk pembuatan laptop. Alan kay adalah seorang yang bermimpi bagaimana komputer bisa menjadi sebesar buku sehingga orang bisa membawanya kemana saja. Saat ini, Alan Kay menyebut laptop impiannya dengan sebutan Dynabook. Sayangnya, dalam sejarah teknologi, bukan Alan Kay yang menjadi penemu laptop, namun Adam Osborne adalah penemunya. Penelu laptop ini berasal dari Inggris namun dia lahir di Thailand sekitar tahun 1939. Sebelumnya, Adam bekerja di salah satu perusahaan besar yaitu shell oil setelah dia kuliah di Amerika Serikat.

Komputer pertama di Dunia

Dengan gelar Ph.D yang dimilikinya tersebut, Adam Osborne kemudian mulai membangun konsep sebuah komputer yang bisa dibawa kemana-mana. Tahun 1980, Adam bekerja sama dengan Felsentein untuk membuat komputer portable. Saat itu, Felsentein sedang mendesain papan sirkuit yang digunakan untuk teknologi processor. Sekitar tahun 1981, komputer yang diimpikan Adam bisa menjadi kenyataan dan komputer tersebut dinamakan Osborne. Komputer atau laptop pertama di dunia tersebut memiliki berat sekitar 24 kg. Jika saat ini Anda bisa mendapatkan laptop dengan berat beberapa gram saja, dulu untuk membawa laptop memang dibutuhkan tenaga karena beratnya mencapai 24 kg. Namun, penemuan ini memang sangat membanggakan kala itu dibandingkan berat komputer yang mencapai beberapa ton.

Komputer jinjing atau laptop pertama dibuat dengan desain yang sangat sederhana, bebeda sekali dengan laptop sekarang. Jangan bayangkan laptop dulu menggunakan layar sentuh atau layar dengan operasional system Windows. Laptop pertama yang dibuat oleh Adam Osborne ini sekalipun sangat sederhana namun harganya cukup fantastis. Harga laptop pertama di dunia tersebut sekitar 188 juta rupiah, bagaimana jika kita membeli laptop saat ini? Harga yang sangat mahal tersebut bisa kita gunakan untuk membeli 20 laptop biasa dan 10 laptop canggih, betul? Laptop pertama dunia memiliki spesifikasi yang sangat sederhana diantaranya menggunakan CPU yaitu IBM proprientary 1,9 MHz.

Selain itu, laptop pertama dunia yang diberi nama Osborne1 ini memiliki ukuran layar sebesar 5 nchi dan dengan Operasional System APL and/ or BASIC. Dengan RAM hanya sebesar 16K hingga 64K, pastinya kinerja laptop pertama di dunia ini memang tidak sebagus laptop biasa yang harganya dibawah 3 juta rupiah. Adam Osborne sebagai pencetus dan penemu laptop pertama meninggal pada tahun 2003. Penemuan laptop pertama dengan harga fantastis ini memang harus kita akui jempol. Bagaimanapun dengan adanya laptop pertama, Anda bisa menikmati laptop berikutnya yang jauh lebih canggih. Sekarang, dengan berbagai merek laptop menjamur dan semakin banyak penggunanya. Laptop adalah komputer jinjing yang sangat mebantu pekerjaa kita. Penemuan laptop pertama adalah cikal bakal laptop-laptop modern saat ini.

Sumber

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • PomadeMan
    Wizard Level 20

    waaah infonya bermanfaat banget :))