ajengputrip
Professor Level 14
12 Oktober 2015 - 18:52

Gara-gara Nonton Film Gratis di iPhone bisa kena Malware!

Lagi-lagi di China, pengguna iPhone terjangkit malware dan penyebabnya gara2 aplikasi nonton film secara gratis. Malware tersebut adalah YiSpecter yang sudah beredar dari November 2014. Bagai yang  belum tau YiSpecter itu apa, fyi aja YiSpecter merupakan salah satu malware aktif yang nggak cuma ngumpulin data milik pengguna tapi juga mendownload aplikasi baru dan menghapus aplikasi lama. Selain itu, YiSpecter juga merusak history browser Safari dan mengubah pengaturan bawaan iPhone.

Menurut Palo Alto Networks, perusahaan keamanan jaringan di California, YiSpecter nyebar melalui aplikasi QVOD palsu. QVOD sendiri merupakan sebuah aplikasi streaming video buatan Kuaibo. Tidak hanya mendistribusikan film bajakan, Aplikasi asal China ini pun juga mendistribusikan film porno yang sampai akhirnya pihak berwenang menggerebek sang developer dan khirnya aplikasi ini dihapuskan dari AppStore dan PlayStore.

Disinilah cikal bakal lahirnya YiSpecter, si pembuat YiSpecter membuat aplikasi QVOD palsu dan mempromosikannya melalui banyak iklan di China bahkan penyedia jasa internet pun ikut mengiklankan aplikasi palsu ini. Iklan QVOD palsu juga muncul pada Cydia. Bagi kalian jangan asal download aplikasi ya kalau nggak mau iPhone kalian kena YiSpecter, dan juga jangan jailbreak perangkat iOS kalian demi keamanan data2 yang kalian miliki.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • PomadeMan
    Wizard Level 20

    thanks sist infonya