Muhammad Eros Julian
Professor Level 13
11 Oktober 2015 - 23:20

Hati Hati Dengan Adware di Perangkat Android

Sepertinya masalah keamanan pada perangkat Android selalu menjadi momok. Kali ini ada ancaman terbaru yang lumayan berbahaya, menurut laporan lembaga penelitian FireEye ada sebuah kampanye adware agresif yang mempunyai julukan kemoge. Adware tersebut mempunyai target mencapai lebih dari 20 negara pada perangkat Android mereka.

Serangan berbahaya tersebut dapat masuk ke ponsel dan tablet Android dengan menyamarkan diri menjadi aplikasi populer yang disematkan adware di dalamnya dan dikemas ulang.  Ketika kita menginstal aplikasi terinfeksi tersebut, adware akan mengumpulkan data pengguna untuk dijual dan secara agresif menampilkan iklan yang menjengkelkan. Ulah Kemoge tidak sampai di situ saja. Aplikasi ini kemudian mencoba untuk mengeksploitasi delapan metode root Android untuk mengamankan diri lebih dalam dan mengambil alih sistem.

Untuk itu, lebih baik pengguna selalu menginstal aplikasi hanya pada toko resmi Google atau Play Store dan hati hati dalam mengklik popup yang ada di Internet.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bima Satria
    Master Level 25

    emang yang kaya gini ngeselin banget!