rose
Novice Level 2
05 Oktober 2015 - 23:48

Berapa Pendapatan Pencipta Lagu Dari Situs Music Streaming?

Kadine, pencipta lagu

Zaman sekarang adalah zaman informasi. Saat ini seluruh dunia terhubung dengan yang namanya internet. Tak ada lagi yang bisa dilakukan untuk menghentikan atau menjadikan dunia kembali terkunkung di lokasinya masing-masing seperti dulu. Hal yang sama terjadi pada musik. Industri musik telah jauh berubah. Produsen, musisi, dan pencipta lagu tak bisa lagi mengandalkanpenjualan produk fisik seperti cd dan kaset untuk meraih keuntungan. Semua beralih ke digital.

Seiring perubahan tersebut, kemudian bermunculan berbagai situs streaming musik baik legal maupun ilegal di seluruh dunia. Jasa yang mereka berikan adalah memperdengarakan lagu favorit pengguna tanpa harus membeli kaset dan cd-nya. Semakin kesini industri music streaming semkain baik. Satu demi satu situs music streaming ilegal berjatuhan digantikan oleh situs resmi. Pertumbuhan pengguna pun terus meingkat setiap waktu. Lalu bagaimana kabarnya nasib para pencipta lagu?

Pencipta lagu sepertinya masih menjadi pihak yang terpinggirkan dari manisnya industri musik streaming. Nge-trennya layanan ini tidak serta merta membuat penghasilan mereka meningkat. Salah seorang pencipta lagu di Spotify mengaku bahwa ia hanya mendapatkan bagian yang sangat sedikit dari layanan tersebut. Kadine mengaku mendapatkan uang sebsar lebih dari 80 Juta Rupiah dari Spotify. Jumlah yang sebenarnya cukup lumayana. Namun untuk bisa meraih uang segitu, Kadine harus menunggu sampai lagunya diputar sebanyak 178 juta kali di Spotify.

Sebagai penulis lagu, Kadine sukses dengan lagu ciptaannya yang berjudul "All About That Bass". Lagu tersebut sukses menduduki peringkat 1 tangga lagu di 78 negara. Dan untuk itu Kadine hanya mendapatkan 82 Juta Rupiah. Kadine mungkin adalah contoh bagaimana nasib seorang pencipta lagu yang ironis dengan nasib lagu ciptaannya. 

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • rose
    Novice Level 2

    weweweww

  • Bima Satria
    Master Level 25

    Ironis!

  • Arif Nur Ridwan
    Wizard Level 22

    sadis ternyata ya