evanyzd
Wizard Level 21
01 Oktober 2015 - 18:06

Google Klaim Jual 20 Juta Unit Chromecast

Selain Nexus 5X dan 6P, Google juga memperbaharui dongle TV-nya, Chromecast. Ada dua Chromecast terbaru yang dihadirkan Google kali ini.

Chromecast terbaru itu adalah Chromecast generasi kedua (Chromecast 2) dan Chromecast Audio. Keduanya diluncurkan untuk sarana hiburan di rumah. 

Sebagai pengingat, Chromecast merupakan kunci HDMI kecil yang digunakan untuk menayangkan konten langsung dari jaringan wifi di rumah. Dengan Chromecast, pengguna smartphone Android bisa men-streaming konten dari internet, baik YouTube atau layanan streaming lainnya. Saat diluncurkan pada 2013, harga satu unit Chromecast hanya US$35.

"Kami memang tidak pernah mempublikasikan kesuksesan Chromecast, tapi data menunjukkan kami telah berhasil menjual 20 juta unit Chromecast," ujar Google dalam peluncurannya, bersamaan dengan Nexus 5X dan 6P, dikutip dari Techcrunch, Rabu, 30 September 2015.

Google menargetkan ke depannya akan ada 80 juta pengguna Chromecast, berkat dua tipe perangkat terbaru ini.

Gara-gara Chromecast, muncul perangkat serupa. Amazon dengan Fire TV, Roku mengeluarkan Roku Streaming Stick, dan beberapa lainnya. Selain YouTube, Google mengaku akan ada banyak penyedia konten yang akan bekerja sama streaming melalui Chromecast, termasuk Showtime dan Sling TV.

Chromecast 2.0
Ini merupakan pembaharuan dari Chromecast generasi pertama, lengkap dengan dua warna baru, oranye, dan kuning. Bentuknya tidak lagi berupa batangan, sehingga lebih mudah mencolokkannya ke televisi dan kabel HDMI langsung disematkan. Chromecast 2 dibanderol dengan harga yang sama US$35.

Untuk mendapatkan konten terbaik, Chromecast 2 dilengkapi dengan kabel HDMI terintegrasi dan tiga antena wifi berbeda yang disebut Google sebagai adaptive antenna system. Selain bisa menampilkan foto dan video, Chromecast juga bisa menghadirkan game di televisi, berkat adanya versi spesial Angry Birds GO untuk Chromecast yang dikeluarkan akhir tahun ini.

Selain Angry Birds, juga menyusul game lain seperti WGT Golf, Monopoly Here and Now, Mini MOtors WRT dan Driver Speedboat Paradise.

Chromecast Audio
Awalnya dinamai proyek Hendrix. Harga Chromecast Audio sama dengan generasi kedua, hanya US$35. Perangkat ini akan membuat pengeras suara di rumah bisa terkoneksi dengan internet dan menayangkan musik audio. Dilengkapi dengan kualitas audio canggih, RMS 2 Watt dan digital optik yang bisa dipilih di luar port hybrid yang melengkapi.

Cukup dicolokkan ke speaker, maka suara yang keluar akan sama dengan versi aslinya di internet. Chromecast Audio tidak membutuhkan televisi dan tidak melakukan rekompresi suara.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar