PomadeMan
Wizard Level 20
29 September 2015 - 22:23

Counterpoint: Samsung Tetap Kokoh, Merk Asia Unjuk Gigi

image credit to gsmarena

Beberapa waktu yang lalu lembaga penelitian Counterpoint menyatakan bahwa hasil penjualan smartphone Samsung mulai tergerus oleh vendor lokal pada kuartal ketiga 2015. Walaupun tingkat penjualan pada ponselnya menurun, namun raksasa korea ini berhasil menggaet saham global sebesar 19% dibandingkan dengan Apple hanya sebesar 10% dan 7% untuk Huawei dalam urutan ketiga. 

Namun terdapat klarifikasi dalam data angka yang ditunjukan tersebut yaitu untuk "ponsel" secara keseluruhan. Jika kita persempit ke smartphone saja, saat ini memiliki pangsa pasarnya hanya sekitar 75% saja. Samsung bahkan lebih bersinar dengan mempunyai kehormatan 21% secara global, diikuti oleh Apple dengan 14% dan Huawei dengan 9%. 

Akan tetapi pertumbuhan pasar smartphone yang paling menonjol dan mengesankan adalah dari berbagai Cina OEM di pasar internasional. Walaupun Apple sendiri telah meliris iPhone 6S dan iPhone 6S Plus, namun nyatanya Apple hanya dapat mengungguli sebesar 31% dan Samsung sebesar 24% untuk pasar Amerika Utara. Huawei telah menguatkan posisinya, sementara Xiaomi telah sukses karena memiliki 5% saham di pasar global smartphone. Pada kenyataannya, untuk di Asia sendiri, Xiaomi berhasil mengungguli Apple dengan 11% dari pasar, dibandingkan dengan Cupertino's 10%.

Tren ini akan berlanjut pada bulan berikutnya. Merek smartphone Asia sedang meningkat - Asus, misalnya, merupakan merek tercepat dengan kenaikan pasar pemesanan sebesar 500%, diikuti oleh Vivo dengan pertumbuhan 400%. Ini, dikombinasikan dengan ekspansi pasar utama di India dan Afrika, di mana tingkat pertumbuhan dapat melebihi nilai-nilai global sebanyak tujuh kali yang berarti bahwa bahwa produsen Cina dengan cepat menjadi kekuatan yang kuat di ranah HP. 

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar