Edo Musran
Novice Level 2
27 September 2015 - 12:45

Antivirus Ini Berniat Menjual Data Pribadi Penggunanya

avg antivirus
Src : AVG Antivirus

Antivirus bisa dibilang sebagai kebutuhan mendasar sebuah komputer, Tidak adanya antivirus membuat komputer menjadi rentan terhadap serangan virus yang ada di dunia maya. Memasang antivirus bisa dibilang merupakan solusinya.

Namun sekarang pengguna sepertinya harus lebih berhati-hati dalam memilih Software Anti Virus yang akan digunakan. Saat ini memang ada banyak perusahaan yang menyediakan Antivirus secara gratis. Tapi apakah itu benar-benar gratis?

Untuk terus berjalan, sebuah perusahaan Anti Virus memerlukan biaya yang tidak sedikit. Perusahaan perlu memiliki pemasukan agar layanannya terus berjalan. Salah satu cara yang mungkin dilakukan adalah dengan menjual data pribadi pengguna yang terdaftar kepada pihak lain.

Langkah semacam ini tampaknya akan ditempuh oleh Perusahaan Anti Virus AVG. Mereka baru saja mengumumkan kebijakan baru terhadap layanannya. Dalam kebijakan tersebut, Avira berhak menggunakan data pribadi pengguna mereka untuk keperluan lain.

Selain data pribadi, AVG juga akan mengambil data browsing pengguna selama mereka berselancar di dunia maya. Dengan cara itu mereka bisa mendapatkan info lebih dalam soal pengguna untuk kemudian dijual kepada perusahaan lain yang membutuhkan data tersebut.

Juru bicara AVG mengungkapkan bahwa langkah ini dilakukan untuk memberikan transparansi publik. Pengguna dapat memakai Anti virus AVG denganĀ  gratis, dan AVG mendapatkan data dari pengguna sebagai imbalannya. AVG juga memberikan pilihan apakah pengguna menyetujui atau tidak menyetujui apa yang mereka mereka lakukan.

Sepertinya tidak ada salahnya memberikan info pribadi dengan mendapatkan Anti Virus gratis. Tetapi, bila merasa tak nyaman pengguna sebaiknya memilih opsi untuk tidak menyetujui. Atau beralih ke antivirus alin mungkin?

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • rose
    Novice Level 2

    ga pake avg gan.. :D

  • afia99
    Novice Level 1

    mmhh, gimana yaa.. tp gratis sih