Edo Musran
Novice Level 2
27 September 2015 - 12:42

Hati-Hati, Sejumlah Aplikasi di Apple Store Tertular Virus  Berbahaya

Apple Store
Src : Apple

Apple Store sepertinya harus mulai berbenah. Pengguna iOS sepertinya harus mulai berhati-hati. Kabar terbaru menyebutkan bahwa toko online aplikasi milik Apple tersebut saat ini berada dalam keadaan rawan. Sejumlah aplikasi yang ada disana diketahui telah tertular virus berbahaya. Tak tanggung-tanggung, aplikasi yang terkena virus tersebut adalah aplikasi yang cukup populer.

Salah satu aplikasi yang menjadi korban adalah We Chat. Aplikasi tersebut secara tidak terduga terkena virus berbahaya ini. Ada pula aplikasi Ojek Online asal China, Didi Chuxing yang juga ketularan. Sebuah aplikasi layanan pemesanan tiket kereta api China menjadi korban berikutnya.

Masih ada banyak lagi aplikasi yang terkena virus ini. Yang agak sedikit mengecewakan adalah aplikasi ini berhasil masuk ke Apple Store yang sering diklaim sedikit lebih aman dari Play Store. Malware ini berhasil menyusup ke Apple Store tanpa diketahui oleh Apple dan pihak developer.

Setelah ditelisik lebih jauh, ternyata sumber malware ini berasal dari Baidu. Baidu merupakan perusahaan internet asal China yang membuat browser, mesin pencari, dan lain-lainnya. Karena malware berasal dari Baidu, tidak heran bila kebanyakan aplikasi yang menjadi korban juga aplikasi yang berasal dari sana.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa sebagian pengembang telah mengamankan aplikasi buatan mereka. Namun malware ini masih beredar bebas di Apple Store. Pengguna diminta mewaspadai aplikasi yang mereka pasang demi keamanan pribadi.

Malware ini bisa memanfaatkan celah keamanan yang ada pada aplikasi untuk melakukan berbagai hal seperti pencurian data, password, sampai mengambil alih kendali hape korban. Selalu waspada di dunia maya.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • rose
    Novice Level 2

    biar aman gimana caranya?

  • afia99
    Novice Level 1

    kalau buka apple store aman ga?