Edo Musran
Novice Level 2
25 September 2015 - 20:41

Ini Biaya Membuat Sebuah iPhone 6s

biaya produksi iphone

iPhone 6s adalah Smartphone mahal yang dibuat oleh Apple. Untuk ukuran sebuah Smatphone, harga produk ini terbilang fantastis. Di negri asalnya, harga sebuah iPhone 6s baru lebih dari 1.000 Dollar Amerika. Sementara di Indonesia harganya melangit karena nilai tukar Rupiah yang rendah. Seseorang harus merogoh kocek lebih dari 10 Juta Rupiah untuk bisa memiliki Smartphone ini.

Mengingat harganya yang begitu mahal, tidak sedikit pihak yang mempertanyakan kualitas dari iPhone 6s. Sebagian pihak lagi malah membedah hape ini untuk membongkar apa saja isi perutnya. Apa saja komponen dari iPhone 6s yang membuat harganya menjadi begitu mahal.

Sebuah sumber menyebutkan bahwa ongkos atau biaya produksi dari sebuah iPhone 6s tidak sampai menyentuh angka 300 Dollar. Tepatnya 234 Dollar, yang jika dirupiahkan biayanya berkisar 3,3 juta Rupiah.

Klaim tersebut bukan asal tuduh. Angka 234 Dollar memang berasal dari semua komponen yang ada di dalam iPhone 6s. Komponen yang paling mahal dari sebuah iPhone  adalah komponen semi konduktor seharga 127 Dollar.

Prosesor iPhone  6s hanya berharga 25 Dollar per unit. Komponen lain seperti memory  Flash  GB hanya berharga 20 Dollar. Untuk komponen utama Layar, kamera, dan batrai totalnya hanya 7 Dollar saja. Tidak ada yang istimewa atau luar biasa dari iPhone tersebut yang menjadikan harganya begitu mahal.

Dengan biaya hanya sekitar 23U Dollar dan mungkin ditambah dengan biaya-biaya Software, Apple kemudian membanderol produk mereka dengan harga yang begitu mahal. Harganya bahkan sampai 3 kali lipat harga produksi. Meskipun demikian, iPhone ini tetap saja laku.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • rose
    Novice Level 2

    gilaaaaa, sampai 3 kali lipat...