Afiyah
Novice Level 1
22 September 2015 - 16:57

Smartphone Xiaomi palsu telah beredar di Indonesia, benarkah?

Ditengah-tengah menjamurnya smartphone dengan merk terbaru dan berbagai keunggulannya , ternyata ada saja perusahaan-perusahaan yang memproduksi smarthpone tiruan. Dan itu jumlahnya tidak sedikit, seperti yang telah dikabarkan baru-baru ini salah satunya terdapat smartphone Xioami palsu yang juga diduga telah beredar di Indonesia ini.

Seperti yang diungkapkan oleh Praetyo Herfianto salah satu blogger Surabaya. Di blog pribadinya ia menuliskan pengalamannya terkait Xiaomi palsu yang ia dapatkan dari salah satu situs marketplace lokal di Indonesia.

Prasetyo juga mengungkapkan bahwa handphone Xiaomi palsu yang telah didapatkannya itu sangat mirip dengan Xiaomi Mi4. Dan ternyata Xiaomi palsu itu juga diketahui memiliki spesifikasi tinggi dengan RAM 3 GB dan prosesor Qualcomm. Spesifikasi tersebut ditemukan setelah ia mencoba menggunakan aplikasi CPU-Z dan AnTuTu.

Tidak sampai disitu, Prasetyo kembali melakukan berbagai macam percobaan untuk memastikan benar atau tidaknya dugaan atas xiaomi palsu tsb. Ia melakukan reset dan update via OTA, kemudian setelah itu ia pun mencoba menjalankan kembali aplikasi CPU-Z dan AnTuTu. Dan hasilnya  mencengangkan, ternyata smartphone tersebut mempunyai prosesor MediaTek, dengan RAM 1GB dan beberapa sensor tidak sepenuhnya berjalan.

Atas peristiwa memalukan tersebut, akhirnya Steve Vickers selaku General Manager Xiaomi Asia Tenggara pun bersuara. Vickers menyatakan bahwa smartphone Xiaomi yang asli hanya dapat diperoleh dari dua distributor resmi langsung yang memang telah ditunjuk langsung oleh perusahaan Xiaomi yang asli. keduanya distributor tersebut yaitu Erajaya dan Trikomsel Oke, selain itu tidak ada.

Vickers pun mengatakan bahwa konsumen pun dapat mengidentifikasi keaslian smartphone Xiaomi yang dibeli dengan mudah. Caranya yaitu dengan melihat stiker importir yang tertempel dibungkus plastik smartphone. Selain itu, ponsel Xiaomi yang asli dilengkapi dengan kartu garansi yang ditulis dengan bahasa Indonesia.

Jadi berhati-hatilah bagi siapapun yang hendak membeli smartphone Xiaomi, periksa spesifikasinya terlebih dahulu, dan lihat ciri-ciri yang telah jelaskan oleh General Manager Xiaomi Asia Tenggara, seperti yang tertulis diatas.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • rose
    Novice Level 2

    beli di counter aman ga?

  • Bima Satria
    Master Level 25

    parah banget zzzz