Bima Satria
Master Level 25
17 September 2015 - 18:11

Hape Seharga Motor Laku Laku Aja di Indonesia!

Et dah tuh hape mahal banget kaya motor aja!' pasti pernah denger hal seperti itu kan? Saat ini ponsel memang berevolusi bukan hanya dari segi teknologi namun juga fitur, material dan kemasan yang pada akhirnya bersumbu pada harga jual yang ditawarkan. Menurut Djatmiko Wardoyo, Direktur Marketing % COmmunication Erajaya, secara umum saat ini ponsel dibagi 4 kelas yaitu mid to low ( 1,5 jt kebawah ),mit to high (1,5jt-3,5jt ),high end (3,5jt-7jt) dan kelas premium (7 juta keatas). Dengan pasar ponsel Indonesia yang sangat besar dengan 200 juta lebih penduduk maka setiap kelas di pasar ponsel punya konsumen masing-masing.

Pasar yang seksi tersebut juga ada di kelas ponsel premium yang berharga mahal diatas 7 juta rupiah. Namun yang harus mereka ketahui adalah, tak semua level konsumen juga bisa menerima ponsel di kelas premium yang seharga motor tersebut. Ada pasarnya, tapi tak untuk semua orang.

"Pasarnya tetap ada (untuk ponsel kelas premium). Buktinya Ferrari saja laku kok di Indonesia. itu harga sangat jauh dari ponsel premium," kata Djatmiko. Meski demikian, tak semua vendor ponsel berani bertarung di segmen pasar ini. Sebab ada biaya investasi (inovasi, marketing dll) yang juga lebih tinggi di sini. "Coba sebut, paling hanya beberapa. Seperti Samsung, Apple, Sony. Tak semua vendor punya produk premium," Djatmiko menambahkan.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar