evanyzd
Wizard Level 21
27 Agustus 2015 - 20:18

7.000 Bajaj Siap Bertransformasi ke Bajaj Online

Bajaj berbasis online siap diluncurkan pada September mendatang. Tak tanggung-tanggung, diperkirakan 7.000 bajaj berbahan bakar gas (BBG) akan melayani penumpang dengan basis aplikasi itu.

"Semua armada BBG ada sekitar 7.000-an benar-benar jalan (ikut bajaj online)," kata Ketua DPP Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan kepadaMetrotvnews.com, Kamis (27/8/2015).

Menurut Shafruhan, ribuan bajaj online itu tak akan dikerahkan serempak, melainkan bertahap. Sebab butuh kesiapan dari masing-masing pengemudi bajaj. "Ini kita lakukan bertahap, karena butuh kesiapan dari pengemudi bajajnya," kata dia.

Pihaknya lebih dulu akan melatih para pengemudi bajaj, sehingga menguasai penggunaan 'smart phone' yang menjadi bekal guna mendapatkan penumpang.

"Mereka memang selama ini punya handphone, tapi handphone-nya bukan android. Tidak semuanya android. Maka dari itu, dengan sistem android dan aplikasi itu kita mesti training mereka," jelasnya.

Pengemudi bajaj kelak diberikan 'smart phone' berbasis android oleh Organda, melalui pengusaha angkutan lingkungan. Sementara, bila pengemudi bajaj sudah memiliki 'smart phone' android bisa langsung mengunduh aplikasi Bajaj Online dan bisa segera mengikuti pelatihan.

Penggunaan aplikasi itu bisa memudahkan penumpang bajaj. Mereka bisa melacak keberadaan bajaj terdekat, sehingga pelayanan terhadap penumpang semakin baik. Aplikasi ini juga dapat menghindari hal-hal negatif, karena keberadaan bajaj yang tergabung bisa dilacak pihak Organda DKI Jakarta.

Seperti diketahui, sekira 800 pengemudi bajaj yang menjajal aplikasi bajaj online guna uji coba dan pelatihan. Kelak bajaj tak hanya mengangkut orang, tapi bakal menyanggupi permintaan angkut-antar barang karena memiliki luas yang lebih dibanding sepeda motor.

Shafruhan mengungkapkan, kehadiran aplikasi ini disambut baik pengemudi bajaj. Kelak diharapkan bisa memperbaiki kehidupan ekonomi para pengemudi bajaj.

"Mereka sangat positif. Mereka antusias sekali, mereka bahkan minta untuk segera diajari dan ditraining dulu," katanya. 

 

Sumur: MetroTV

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar