evanyzd
Wizard Level 21
24 Agustus 2015 - 15:55

Asisten Virtual Cortana Sudah Bisa Dijalankan di Macbook

Cortana, asisten virtual milik Microsoft akhirnya berhasil dijalankan di komputer Apple yaitu Macbook. Hal ini menunjukkan keseriusan Microsoft untuk mengembangkan Cortana di berbagai platform. Sebelumnya, Cortana juga telah berhasil dijalankan di sistem operasi Android dan bahkan bisa digunakan untuk menggantikan layanan Google Now.

Untuk menggunakan Cortana di Macbook, para pengguna Apple tinggal melakukan instalasi sebuah program bernama Parallels. Parallels adalah software mesin virtual Windows untuk Mac OS X, hadir dalam versi terbaru dengan dukungan Microsoft Cortana untuk Mac. Meski aplikasi Windows telah digunakan di Mac sejak lama, ini adalah kali pertama Parallels memperkenalkan fitur Windows secara resmi.

Sebenarnya, menjalankan sistem operasi Windows secara virtual di komputer Mac bukanlah hal yang baru, namun Parallels menggunakan metode khusus sehingga memungkinkan Cortana aktif tanpa perlu terlebih dulu mengadopsi Windows 10 sepenuhnya. Saat diujicobakan di Macbook menggunakan Parallels 11, Cortana dapat berjalan lancar dan memahami berbagai perintah. Pengguna tinggal mengaktifkan Cortana dengan mengucapkan kata “Hey Cortana”.

Parallels Desktop 11 for Mac hadir dengan sejumlah peningkatan performa, termasuk meluncurkan dan mematikan sistem operasi lebih cepat 50 persen dibandingkan versi terdahulu. Tak ketinggalan pula disertakan fitur “travel mode” yang dapat menghemat baterai perangkat sampai dengan 25 persen. Parallels Desktop 11 kini telah tersedia dan dapat diunduh dengan biaya US$80. Untuk pengguna yang telah memiliki Parallels Desktop dua versi sebelumnya dapat melakukan update hanya dengan merogoh kocek sebesar US$ 50.

Sumur: TuguPost

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Arif Nur Ridwan
    Wizard Level 22

    macbook ga ada siri ya?