Bima Satria
Master Level 25
21 Agustus 2015 - 11:53

Candy Crush Sepi Pemain! Laba Jadi Turun Deh

Game Candy Crush yang sempat meledak semakin kehilangan pamornya. Seiring popularitasnya menurun, King Digital Entertainment selaku pembesutnya juga terus merugi. Seperti yang gw kutip dari Wall Street. King mengalami penurunan laba bersih sebesar 28% pada kuartal terbaru. Pendapatan dari game menyusun permen ini juga terus menurun.  Pada kuartal kedua, perusahaan asal Swedia ini melaporkan keuntungan bersih sebesar USD 119 juta atau 38 sen per lembar saham. Angka ini turun dari periode yang sama di tahun sebelumnya, USD 165 juta atau 52 sen per saham. Pendapatannya turun 18% menjadi USD 490 juta. Rendahnya keuntungan dan pendapatan tak dipungkiri King adalah akibat dari melemahnya performa game andalannya, Candy Crush. Meski demikian, King akan tetap meneruskan investasi untuk game tersebut. 

"Candy Crush akan dipertahankan. Kami terus melakukan inovasi, menambah level dan elemen baru pada gameplay," kata Chief Executive King Riccardo Zacconi. Candy Crush pernah berjaya menjadi game mobile yang sangat populer. Para penggila game ini rela menghabiskan duit untuk aplikasi di dalamnya. Mereka yang keranjingan tidak akan keberatan untuk membeli aplikasi demi mendapatkan extra live, extra move dan fitur lain yang memungkinkan mereka bisa terus melanjutkan permainan. Tanpa disadari, jika ditotal keseluruhan pembelian aplikasi di dalam game ini mencetak angka yang cukup fantastis.

Laporan lain yang dilansir The Guardian menyebutkan, sepanjang tahun 2014, total belanja aplikasi yang dihabiskan para gamer permainan menyusun permen dan coklat ini mencapai USD 1,3 miliar. King saat ini sedang berupaya membedakan portfolionya agar pendapatannya tidak sepenuhnya bergantung pada Candy Crush Saga. Karena seperti diketahui, game besutan King tak cuma Candy Crush Saga, melainkan masih ada sejumlah judul game lainnya.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar