Bima Satria
Master Level 25
18 Agustus 2015 - 20:27

Beli iPhone Aja! Minim Malware Sob!

Selama Q2 2015 terjadi lonjakan serangan malware yang sangat signifikan terhadap perangkat mobile. Menurut Kaspersky Lab, ada sekitar satu juta aplikasi ponsel yang disusupi malware. Dan sekitar 290 ribu di antaranya merupakan malware yang baru dikenali. Angka-angka ini sangat jauh jika dibandingkan pada catatan Kaspersky Lab pada kuartal-kuartal sebelumnya. Pada Q1 2015 misalnya, jumlah aplikasi yang mengandung malware hanya ada sekitar 140 ribu, yang 100 ribu diantaranya merupakan malware baru. Sementara pada Q4 2014, angkanya lebih kecil lagi, hanya ada 65 ribu aplikasi yang ber-malware.

Menurut Dony Koesmandarin, Territory Channel Manager Kaspersky Indonesia, m‎ayoritas dari malware tersebut bersemayam di aplikasi untuk perangkat Android. Penyebabnya adalah saat ini banyak sekali ponsel berbasis Android yang beredar di pasaran. "Ya, harganya murah, di bawah 1 juta juga sudah dapat. Jadinya banyak yang pakai kan. Makin banyak yang pakai, maka makin banyak juga yang bikin malwarenya," kata Dony.

Pembuat malware itu, menurut Dony, akan memprioritaskan serangannya ke perangkat yang banyak dipakai orang, dalam hal ini Android. Bukan karena perangkat tersebut mudah untuk disusupi malware.‎ "Android itu bukan mudah disusupi malware, tapi banyak yang pakai. iOS itu bukan tak bisa diserang malware, tapi pemakainya tak sebanyak Android, jadi jarang ada malwarenya," tambah Dony.‎ Sekadar informasi, per bulan Mei 2015 lalu, data IDC menunjukkan bahwa market share perangkat Android secara global berada di angka 78%, sementara perangkat iOS berada jauh di bawahnya, hanya sekitar 14,2%. ‎

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21

    mahal sob! Nyicilnya aja kaya motor kayanya hahaha