Bima Satria
Master Level 25
18 Agustus 2015 - 20:20

Orang Tua Sekarang: Lebih Ngeri Internet dibanding Rokok!

Semakin banyaknya anak yang menggunakan telepon selular dan mengakses internet membuat prioritas kecemasan orang tua bergeser. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan di Amerika Serikat. Dr Matthew Davis dari University of Michigan Ann Arbor melakukan survei kepada 1.982 orang dewasa berusia di atas 18 tahun. Survei dilakukan untuk melihat masalah apa yang dicemaskan orang tua terkait kesehatan dan tumbuh kembang anak.

Hasil survei menunjukkan keamanan internet menjadi masalah yang mengalami peningkatan kecemasan secara signifikan. Jika pada tahun 2014 keamanan internet ada di posisi 8, tahun ini naik menjadi posisi 4, menggeser rokok dan penggunaan produk tembakau yang turun ke posisi 7.
"Masyarakat sudah lebih waspada soal potensi risiko yang diberikan internet kepada anak dan remaja. Keamanan internet tak hanya soal akses pornografi, namun juga cyberbullying dan predator anak," tutur Dr Davis, seperti yang gw kutip dari Reuters.

Selain keamanan internet, sexting juga menjadi masalah yang diklaim perlu perhatian lebih besar. Ada di peringkat 13 tahun lalu, sexting kini ada di peringkat 6 menggeser kekerasan di sekolah, kehamilan di luar nikah dan stres yang dialami anak.Sementara itu, posisi tiga teratas masih sama seperti tahun lalu. Obesitas anak, bullying, dan penyalahgunaan obat menjadi masalah yang paling dicemaskan orang tua selama dua tahun berturut-turut. Kathleen Davis, direktur Pediatrik Paliatif Care dari University of Kansas Hospital mengatakan sebagian besar masalah yang dicemaskan orang tua tidak memiliki metode penanganan yang pasti. Dalam artian, orang tua belum mengerti bagaimana cara penanganan dan pencegahan masalah seperti keamanan internet, bullying hingga texting.

"Berbeda dengan diabetes atau asma yang bisa dicegah dan diobati dengan obat. Masalah-masalah di atas harus ditangani langsung oleh orang tua, seperti facebook, blog hingga email dan sms. Orang tua harus tahu dengan siapa anak berkomunikasi," tuturnya.Orang tua memang ketinggalan dari sisi pemahaman soal teknologi. Namun bukan berarti masalah-masalah ini tak bisa ditangani. Kunci utamanya adalah bagaimana komunikasi yang dilakukan orang tua kepada anak agar mereka nyaman dan lebih terbuka. "Keseimbangan antara kontrol Anda kepada anak dan akses yang mereka butuhkan sangat penting. Anda tidak bisa melarang anak menggunakan internet sama sekali dengan alasan keamanan. Mereka butuh internet bukan hanya untuk sosialisasi, namun juga hal-hal lainnya yang berhubungan dengan akademik," katanya

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar

  • Bagus Satria Wira Kusuma
    Wizard Level 21

    emang lebih bahaya internet kalau ga diawasin gan :)