evanyzd
Wizard Level 21
11 Agustus 2015 - 11:18

Seagate Personcal Cloud

Seagate dikenal sebagai produsen hard disk, baik untuk kategori internal maupun eksternal. Walaupun namanya sekarang agak tenggelam karena dominasi pesaingnya, kualitas produk mereka sebenarnya tak mengecewakan. Mereka juga menghadirkan jajaran produk untuk memenuhi kebutuhan home cloud. Salah satu produk terbaru yang hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah Seagate Personal Cloud.

Seagate Personal Cloud adalah wadah penyimpanan data yang dirancang untuk keluarga yang menginginkan akses data hiburan mereka secara leluasa di dalam rumah. Penyimpanan ini pada dasarnya memiliki cara kerja seperti NAS, tetapi menurut saya, Seagate Personal Cloud dibuat lebih sederhana dengan desain yang lebih bergaya, sehingga pemiliknya tak akan sadar bahwa ini adalah NAS.
 



Bentuknya yang seperti Android box menjadikannya sebuah NAS yang tepat untuk diletakkan di sebelah TV ruang keluarga. Walaupun mengusung konsep home cloud, Seagate Personal Cloud tak sepenuhnya menyediakan akses secara nirkabel. Pengoperasian untuk akses data yang tersimpan di dalamnya memang harus menggunakan kabel. Untuk mengakses secara nirkabel, ia harus terhubung dengan wireless router.

Segate telah memastikan bahwa perangkat ini memiliki pengaturan awal yang cukup mudah. Begitu pertama kali terhubung dengan PC, Personal Cloud akan melakukan pemasangan software secara otomatis melalui browser, alias tanpa aplikasi tambahan.

Setelah itu, pengguna harus membuat ID dan kata kunci. Satu ID bisa dipakai untuk mengakses Personal Cloud lebih dari satu platform, misalnya PC dansmartphone.
 



Untuk iOS, Android, dan Windows Phone, pengguna dapat mengakses Personal Cloud miliknya melalui aplikasi Seagate Media App. Kelebihannya, pengguna dapat mengakses Personal Cloud melalui aplikasi ini, sekalipun ia berada di luar jaringan WiFi rumahnya.

Caranya adalah dengan memasukkan ID dan password yang telah dibuat pada pengaturan awal. NAS ini menggunakan protocol SSL untuk akses data di dalamnya.
 



Selain untuk menyimpan data seperti foto, video, musik, atau data kantoran lainnya, Personal Cloud juga sanggup memutar film langsung pada gadget, PC, atau TV. Saya tidak menemukan kendala ketika memutar film dengan format MP4 pada resolusi 1080p dengan kecepatan rata-rata 45 fps. Kecepatan yang sama juga saya rasakan ketika streaming film dari Segata Personal Cloud menggunakan smartphone.

Salah satu fitur unik yang mungkin cocok untuk para penggemar film adalah Download Manager. Sesuai tebakan Anda, fitur ini dapat mengatur Segate Personal Cloud dalam mengunduh data secara otomatis. Pengguna dapat memerintahkan Personal Cloud mengunduh 5 macam data sekaligus. Tidak hanya data seperti film dari situs tertentu, pengguna juga bisa menguduh data yang hanya bisa diakses melalui torrent.
 

Seagate Personal Cloud adalah salah satu perangkat home cloud yang tepat untuk personal. Fitur yang tersedia tidak kompleks, dan metode untuk mengakses data di dalamnya bisa terbilang cukup aman. Pilihan kapasitasnya juga cukup banyak, tentunya cocok untuk konsumen yang ingin menyesuaikan kantong. 

 

Sumur: Google, Metro TV & Seagate

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar