Bima Satria
Master Level 25
10 Agustus 2015 - 10:18

Xiaomi Depak Apple Ke Peringkat 3 di China

Xiaomi lagi-lagi menjadi produsen smartphone terbesar di Tiongkok. Setelah dilengserkan Apple pada kuartal pertama 2015, Xiaomi kembali merebut takhta tertinggi pada kuartal kedua.Apple sendiri merosot ke posisi ketiga. Sementara itu, posisi kedua ditempati vendor yang juga berbasis Tiongkok, Huawei.

Berita ini gw kutip dari dari ZDnet, Xiaomi dan Huawei memimpin pangsa pasar smartphone di Tiongkok dengan persentase 15,9 persen dan 15,7 persen. Setelah Apple, Samsung dan Vivo menyusul di posisi keempat dan kelima. Upaya Xiaomi menggeser kedudukan Apple sedikit banyak berpengaruh pula pada Samsung. Popularitas phablet murah Mi Note Pro mau tak mau memaksa Samsung menurunkan harga flagship Galaxy S6 dan Galaxy Note 4.

Tampaknya, perilaku konsumen Tiongkok kembali ke asalnya, yakni cenderung memilih ponsel paling murah. Diketahui, pada kuartal pertama 2015, kala Apple menjadi penjualsmartphone terbesar di Tiongkok, banyak yang terkejut. Sebab, konsumen Tiongkok selama ini terkenal sebagai penikmat ponsel kelas menengah. Apple kemudian datang dengan iPhone 6 dan 6 Plus yang menarik perhatian masyarakat Tiongkok untuk beralih ke perangkat high-end. Hasilnya, perusahaan-perusahaan lokal Tiongkok mengalami masa sulit kala itu. Lenovo, Yulong, dan ZTE terpaksa lengser dari posisi lima besar penjual smartphone di wilayah sendiri.

Menurut analis Canalys Jingwen Wang, pasar smartphone Tiongkok terus menunjukkan kedewasaan dengan dinamisnya perilaku pasar. Persaingan kuartal per kuartal antar-vendor besar semakin intens.

"Huawei mencatat sejarah perusahaan dengan menduduki posisi kedua. Xiaomi berada di bawah tekanan untuk terus mempertahankan posisinya," kata Wang.

Sementara itu, walau kedudukan Apple menurun, pabrikan Cupertino tersebut mengklaim angka penjualan iPhone meningkat hingga 87 persen di Tiongkok. CEO Apple Tim Cook mengatakan, angka pendapatan penjualan iPhone mencapai 13 miliar dollar AS atau sekitar Rp 175 triliun di Tiongkok.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar