evanyzd
Wizard Level 21
30 Juli 2015 - 08:52

Android One Generasi Dua Sudah Tidak Lagi Merakyat

Rumor yang cukup lama berkembang terkait akan diluncurkanya Android One generasi dua akhirnya terjawab juga. Google secara resmi telah merilis Android One Generasi Dua di India. Sama seperti proyek Android One generasi pertama, Google menggandeng produsen ponsel lokal untuk membuat perangkat android rakyat.

Android One sebenarnya adalah proyek google yang ingin menghadirkan perangkat android yang merakyat. Maksudnya, google ingin membuat perangkat yang canggih namun tetap memiliki harga yang ramah di kantong rakyat sehingga semua orang bisa memiliki perangkat android.

Bukan hanya murah saja yang menjadi pertimbangan google, tetapi juga kualitas dari hardware dan software yang dihadirkan pada perangkat tersebut. Pada Android One generasi pertama, Google merilisnya di beberapa Negara berkembang di antaranya Indonesia, India, Filipina, Nepal, Sri Lanka dan Pakistan.

Harga Android One generasi pertama bisa dibilang harga yang benar – benar merakyat. Perangkat Android One generasi pertama dijual murah dengan harga kisaran 100 dollar atau setara Rp 1,3 juta. Namun beberapa perangkat yang dibuat malah ada yang harganya di bawah harga tersbut. Seperti produsen ponsel Indonesia, ada yang menjualnya di bawah Rp 1 juta.

Sementara untuk Android One generasi dua yang dirilis di India, Google menggandeng Lava, produsen ponsel asal negeri anak benua. Kerjasama tersebut membuahkan smartphone dengan nama Lava Pixel V1 yang menggunakan system operasi Android 5.1 Lollipop. Jika dilihat dari spesifikasinya, Google sepertinya ingin menghadirkan perangkat dengan kualitas yang lebih baik dari pada perangkat Android One generasi pertama.

Dari berbagai sumber yang berhasil dihimpun, Lava Pixel V1 menggunakan prosesor quad core 1,3 GHz dan dibantu RAM sebesar 2 GB. Lava Pixel V1 memiliki kapasitas penyimpanan internal sebesar 32 GB. Yang menarik, Lava Pixel V1 dilengkapi dengan kamera utama 13 Megapiksel dan kamera depan 8 Megapiksel.

Bila dibandingkan dengan perangkat android One generasi pertama yang hanya menggunakan RAM 1 GB maka perangkat Android One generasi dua ini memiliki kemampuan hardware yang lebih baik. Begitu pun dengan kamera, Android One genarasi pertama hanya dilengkapi dengan kamera utama 5 Megapiksel dan kamera depan 2 Megapiksel. Namun yang perlu diperhatikan, kemampuan kamera dari Android One genarasi dua ini merupakan hasil peningkatan atau upscaling dari softwar yang dipasang di dalamnya. Ukuran sesungguhnya kamera utama Android One generasi dua adalah 8 Megapiksel.

Android One generasi dua hadir dengan layar IPS LCD 5,5 inci. Ukuran layar ini lebih besar dari perangkat generasi sebelumnya. Ditambah lagi yang membuatnya lebih keren adalah layar yang digunakan tampak sangat menyatu dengan sisi body hingga nyaris terlihat tanpa bezel. Desain tanpa bezel ini merupakan tren yang paling banyak dipakai oleh ponsel akhir – akhir ini. Selain itu, android One generasi dua menggunakan baterai dengan kapasitas 2.650 mAh sehingga akan memberikan penggunanya kesempatan untuk terus menggunakanya lebih lama.

Apakah post ini bermanfaat?

Komentar